Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Koper Untuk Liburan Agar Perjalanan Makin Menyenangkan

Koper Untuk Liburan
Credit Photo: Freepik

Dalam beberapa bulan ke depan, kita akan memasuki masa liburan sekolah, terutama bagi para orang tua yang memiliki anak di bangku sekolah. Waktunya kenaikan sekolah nih, tentu akan ada libur panjang bagi para siswa setelah menerima rapor mereka.

Para orang tua pun setidaknya harus mempersiapkan diri apabila para buah hati mengajak untuk berlibur ke luar kota misalnya. Setidaknya, orang tua yang bekerja harus mengajukan cuti jauh-jauh hari sebelumnya, agar ketika sudah tiba waktu liburan tidak bentrok dengan karyawan lain yang juga ingin pergi berlibur bersama buah hati mereka.

Saran saya nih, menjelang beberapa bulan lagi tiba waktunya kenaikan kelas dan libur panjang bagi para siswa, untuk keluarga yang ingin berlibur harus mempersiapkan beberapa hal berikut:
  • Rencanakan destinasi liburan jauh hari sebelumnya
Tentunya dalam setiap keluarga, keinginan setiap anggota berbeda-beda. Baik itu orang tua maupun anak pastinya ingin punya destinasi tempat berlibur masing-masing.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik maka lakukan musyawarah bersama anak-anak dalam rangka menentukan kota destinasi liburan, apakah cukup luar kota atau bahkan luar pulau.
  • Buat anggaran untuk liburan bersama keluarga
Dengan menentukan destinasi liburan maka kita pun dapat berhitung berapa dana yang harus disediakan untuk bepergian bersama keluarga. Alangkah bijaknya apabila dalam setahun, sebuah keluarga melakukan budgeting dengan memiliki tabungan khusus untuk liburan.

Hal ini dimaksudkan agar tidak tercampurnya biaya operasional sehari-hari rumah tangga dengan budget untuk berlibur. Dengan begitu keuangan keluarga tetap sehat dan terjaga. Kalian tak perlu berutang hanya untuk liburan keluarga.
  • Ajukan cuti bagi orang tua yang bekerja sebagai karyawan
Sebagai seorang karyawan, Ayah dan Bunda tentu harus mengajukan cuti jauh-jauh hari agar tidak bertabrakan dengan jadwal cuti karyawan lainnya. Ingat bahwa musim liburan anak sekolah bisa dibilang hampir bersamaan waktunya, sehingga bisa jadi banyak dari para orang tua yang bekerja berharap pengajuan cuti dapat disetujui agar bisa membersamai buah hati di saat libur sekolah.
  • Persiapkan koper untuk liburan
Poin nomor empat merupakan factor yang juga tak kalah penting dibanding 3 poin lainnya. Liburan tanpa membawa koper tentu akan semakin ribet bagi kita. Lalu dimana kita harus menaruh pakaian dan seluruh perlengkapan pribadi kalau bukan di koper?
Pastinya menggunakan koper untuk liburan akan membuat perjalanan lebih praktis karena hampir seluruh keperluan pribadi kita bisa muat dalam satu benda, yaitu koper. Namun tentu saja jangan sampai salah memilih koper untuk liburan. Jika hal ini terjadi, maka kalian akan merasa tidak nyaman selama liburan karena salah menggunakan koper. 

Tips Memilih Koper Untuk Liburan, Pastikan Lakukan Hal Berikut

Beli Koper untuk liburan
Credit Photo: Freepik

Apabila ingin membeli koper untuk liburan, maka ada beberapa tips sederhana yang perlu dilakukan agar tidak salah beli, yaitu:

1. Beli Koper Sesuai Kebutuhan

Apabila berencana untuk memasukkan seluruh pakaian anggota keluarga ke dalam satu koper, maka kalian harus membeli koper ukuran besar agar tak perlu ribet membawa lebih dari satu koper. 

Jika memiliki keluarga dengan anak-anak yang masih kecil sehingga tidak memerlukan banyak koper untuk memuat pakaian, maka bisa menggunakan koper 24 inch untuk berlibur. Memang koper jenis ini tidak dapat masuk ke dalam kabin, melainkan harus masuk ke dalam bagasi pesawat. 

2. Pilih koper yang kuat, aman dan juga memiliki roda yang bagus

Menggunakan koper untuk liburan artinya kita tidak ingin ribet selama perjalanan, sehingga factor keamanan dan juga kekuatan pada koper menjadi sangat penting selama liburan. Roda yang bagus tentu akan mempermudah kita dalam membawa koper tanpa perlu susah payah mengangkatnya. 

Selain itu juga, tentu kita berharap dapat menggunakan koper untuk liburan tidak hanya sekali, sehingga kekuatan koper pun diharapkan bisa tahan lama. 

3. Beli Koper Sesuai Dengan Kemampuan Finansial

Harga koper bisa dibilang tidak murah, sehingga ketika memutuskan untuk membelinya maka sesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Jangan karena ingin mengikuti trend koper yang sedang happening di masyarakat, lantas memaksa kita mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli hanya demi gengsi semata.

Ada beberapa jenis koper untuk liburan yang bisa kalian gunakan misalnya saja koper 20 inch yang cocok digunakan untuk kalian yang sering dinas ke luar kota selama kurang lebih 2 minggu misalnya, maka koper ukuran ini cocok digunakan. Koper 20 inch bisa dimasukkan ke dalam bagasi pesawat maupun kabin apabila kalian berencana  menggunakan moda transportasi udara untuk bepergian.

Atau mungkin kalian yang baru saja menikah dan ingin honeymoon dalam jangka waktu singkat, bisa banget gunakan koper kabin untuk bepergian. Koper ukuran ini bisa dibilang cukup praktis digunakan bepergian singkat, dan dapat ditaruh di dalam kabin pesawat maupun kereta api.

Beli Koper di Tokopedia, Harga Bersaing dengan Kualitas Terjamin

Tokopedia Sebagai Marketplace
Credit Photo: Pexels

Tentu saja kalian bisa membeli koper secara online karena sekarang sudah tidak jamannya lagi beli barang secara offline. Selain untuk mempersingkat waktu ketika belanja secara online, terdapat banyak pilihan jenis koper yang bisa kita beli.

Tokopedia merupakan marketplace yang sangat mengerti keinginan para pelanggannya, dimana menyediakan berbagai pilihan jenis koper untuk liburan dari berbagai seller.

Saya pribadi sudah menjadi pelanggan setia di Tokopedia karena fitur-fiturnya yang ramah digunakan serta mudah dalam pencarian barang yang ingin kita beli. Terdapat banyak kelebihan ketika berbelanja di Tokopedia, salah satunya bisa mendapatkan gratis ongkir.

Jadi tunggu apa lagi, yuk checkout koper untuk liburan kalian di Tokopedia dan dapatkan harga menarik dengan beragam promo yang ditawarkan.

44 komentar untuk "Tips Memilih Koper Untuk Liburan Agar Perjalanan Makin Menyenangkan"

  1. Koper jadi barang yang penting ketika ingin bepergian. Tapi jadi masalah juga ketika tidak dipakai. Karena memenuhi ruangan. Semoga suatu saat ada koper yang bisa dilipat

    BalasHapus
  2. aku biasanya beli offline jadi biar bisa liat lgsg koper yg di mau, tp ga ada salahnya sih beli online, ihihihi makasih ka sarannya

    BalasHapus
  3. Sebelum menikah, saya kalau jalan-jalan selalu bawa koper. Tapi, sekarang ikut suami yang lebih suka pakai ransel dan duffle bag. Nah, beberapa waktu lalu lihat koper yang bisa didudukin trus jalan. Kok, kayaknya seru lihatnya. Jadi pengen juga koper kayak gitu :D

    BalasHapus
  4. Kepikiran buat beli koper nih, karna ternyata emang rapi banget bawa2 barang dan pakaian kalo.pake koper. Makasih mbak tipsnya, mudah2an skg udh ga bingung lagi pilih koper yg sesuai hehe.

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak infonya, cocok banget buat aku yang mau traveling

    BalasHapus
  6. Wah bagus banget tipsnya , pas banget aku juga lagi nyari koper nih yang affordable di kantong tapi kualitas oke

    BalasHapus
  7. Wah ini penting banget. Kalau aku, suami dan 3 anak harus bawa banyak nggak sih? Atau anak-anak perlu koper sendiri? Btw terimakasih tipsnya :)

    BalasHapus
  8. Dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan jauh dan memang pas untuk memilih koper yang tepat. Paling senang kalau punya koper yang tahan banting dengan roda yang bagus ya kak.

    BalasHapus
  9. Kalo aku malah suka koleksi jadi segala ukuran di beli haha dan emang berguna sih karena kadang dinas cuman 2 hari,pernah juga sebulan dan sekarang jenis koper juga keren sih ya

    BalasHapus
  10. Koper memang jadi bagian penting saat bepergian jauh. Jadi pemilihannya tidak sekadar terlihat menarik saja, tapi butuh lebih teliti lagi.

    BalasHapus
  11. yang sering terjadi berangkat pergi cukup, tapi pulangnya sempit,haha. padahal nggak ada tambahan bawaan, ternyata packing pergi sama pulang jadi beda. kalau kaya gini mending bawa ukuran yang agak besar, ya?

    BalasHapus
  12. Bener penting banget milih koper yang sesuai. Pernah nih aku beli yg 600ribuan aja, tapi bener² tahan banting, gak mudah kegores juga. Adekku beli 1 jutaan eh malah gampang banget kegores. Jadi tiap jalan harus ngeluarin 50rb buat ngebungkus koper doang 🥺 Sekarang lebih simpel lagi bisa lihat reviewnya di Tokopedia jadi lebih aman

    BalasHapus
  13. Nita Juwithafina10 Mei 2024 pukul 11.40

    Akhirnya ketemu juga artikel ini. Butuh banget persiapann libuur naik kelas anak nanti heheh :)

    BalasHapus
  14. pas banget ini sieeee...kebetulan koperku juga rusak pegangan atasnya itu sepertinya perlu beli koper lagi...jadi makin enak klo bisa beli koper di tokopedia biasanya banyak diskonan juga disana hehehe

    BalasHapus
  15. Memilih koper memang harus yang terbaik apalagiMemilih koper memang harus yang terbaik apalagi untuk perjalanan panjang sehingga aman dan nyaman digunakan

    BalasHapus
  16. Iya juganij, kalau mau beli koper ya sesuaikan dengan dana yang tersedia. Jangan pilih yang karena model lucu atau warna kesukaan, eh ternyata bujetnya kurang hehe

    BalasHapus
  17. Kalau aku sebenernya lebih suka koper yang bahannya dari kain ketimbang yang bahan hard case. Tapi kayaknya model sekarang lebih banyak yang hard case ya

    BalasHapus
  18. Setuju kak, kalau beli koper emang harus sesuai dengan kebutuhan dan pilih yang tahan lama biar kepakainya juga bisa lama, dipakai liburan lagi berulang-ulang gitu. Aku lebih suka yang 24 inch sih, walaupun gak bisa masuk ke kabin tapi bisa muat lebih banyak

    BalasHapus
  19. wah makaci loh kak tipsnya, aku sendiri kalo berpergian juga suka milih" koper yang pas dan sesuai biar ga repot kedepannya..
    pastinya kalo beli sesuai kantong juga, sukur-sukur sih ada tambahan diskon juga hihi
    di tokopedia sih pilihannya beragam banget yah, diskonnya juga nampol..

    BalasHapus
  20. Koper pertamaku juga hasil checkout tokopedia, awet sampe sekarang masih bagus. Bahas koper jadi kepengen liburan haha

    BalasHapus
  21. Beli koper pun sekarang bisa secara online ya. Enak ini, tinggal pilih-pilih yang sesuai harga dan kebutuhan, terus tunggu barangnya dikirim ke rumah

    BalasHapus
  22. Kadang banyak orang suka ga care soal penggunaan koper untuk perjalanan traveling atau liburan, padahal untuk beberapa area liburan sangat penting dan tentunya juga pemilihannya harus tepat, dan bagus banget ini tipsnya kak

    BalasHapus
  23. Dulu aku beli koper buat mudik, karena sudah ada krucil. Barang bawaan jadi banyak, sekarang nambah satu lagi krucilnya. Harus ganti ke Koper dengan kapasitas yang lebih besar.
    Cus, langsung cek Tokopedia ah buat dapetin koper yang sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  24. Wah, pas banget nih aku lagi cari koper yang pas buat liburan. Helpfull banget artikelnya kak. Otw kepoin koper-koper di Tokopedia ah. Thank you infonya kak.

    BalasHapus
  25. Jadi ingat anak saya kan mau masuk pesantren, apa coba yg di minta ketika saya tanya mau apa buat dibawa ke pesantren? Jawabnya mau koper yang bagus aja. Hihi... Sepertinya dia lihat santri lain yg bawa bekal banyak dan bikin ribet
    Mungkin kalau pakai koper jadi satu tempat kali ya

    BalasHapus
  26. Terus terang kak, aku nggak punya koper ,ada yang buat umroh doang, soalnya aku tim ranselan wkwkwk, tapi baca blog ini jadi kepikiran buat beli nih , siapa tau mau jalan2 jauh gitu keliling eropa Aaamin. makasih infonya kak

    BalasHapus
  27. Aku pernah kejadian pas ke luar negeri pakai koper merk american express dan memang kuat banget padahal sudah pasti dibanting-banting. Terakhir rusak akhirnya itupun setelah 6 tahun pemakaian.

    BalasHapus
  28. Nggak terasa sebentar lagi mau libur panjang anak sekolah ya, Mbak. Mulai siapkan rencana dan bugeting, nih. Tak lupa koper dan tas masuk daftar barang yang dibutuhkan buat berlibur.

    BalasHapus
  29. Wah kebetulan nih, saya juga lagi cari koper yang ukuran sedang, tapi masih bigung mau beli koper yang mana. tentunya pengin yang awet dan aman.

    BalasHapus
  30. Aku di rumah tuh ada beberapa size kopernya, kalau perginya sendiri enak sih lebih minimalis bawaannya. Tapi kalau sama anak jadi harus disesuaikan bawaannya dan pilih kopernya.

    BalasHapus
  31. Koper itu penting banget apalagi buat yg sering bepergian. Nah, beli koper itu juga gak boleh ngasal ya. Tapi harus dilihat dari segi kebutuhan dan kemampuannya.

    BalasHapus
  32. Jadi ingat dapat koper dari saudara pas diangkat sama supir mama eh lepas gagangnya hiks sedih banget padahal kopernya cakep warna biru sepertinya isinya keberatan jadi jebol

    BalasHapus
  33. Aku kapan hari tergoda juga buat lihat-lihat koper. Ternyata ada harga ada rupa. Yang ukuran kecil dan murah, banyak. Aku maunya yang ukuran sesuai, tapi awet aja sih biar hemat budget

    BalasHapus
  34. Tokopedia bikin nyaman saat berbelanja online.
    Karena aku juga pas pulkam kemarin melengkapi beberapa printilan perjalanan dari Tokped. Kalau koper, karena anak-anak skarang uda remaja, jadi mereka punya masing-masing. Kudu banget disesuaikan dengan tinggi badan mereka selain juga bahannya yang kokoh agar mudah digunakan anak-anak.

    BalasHapus
  35. Nah, setuju banget terkait pemilihan koper supaya perjalanan liburan jadi makin enjoy dan menyenangkan. Aku pun sering belanja segala perlengkapan via tokopedia, serba mudah serta terpercaya banget. Kualitas produk sangat jempolan.

    BalasHapus
  36. Setuju mba beli koper tuh harus pilih yang pas. Aku pernah kejadian koper rusak pas di Malaysia padahal masih ada perjalanan panjang. Akhirnya beli di bandara Malaysia daripada beresiko. Skarang beli online juga kualitasnya bagus

    BalasHapus
  37. Yess, setuju banget sama tipsnya. Kalo soal koper, aku pribadi lebih suka pake koper 24 inch yang masuk kabin, jadi ga ribet antri bagasi lagi.

    BalasHapus
  38. Koper tuh Lemari berjalan kita selama liburan, menurut aku utk pilih koper sesuaikan dengan kebutuhan dan wajib kuat. Repot banget klo kita bepergian trus ada masalah dg kopernya

    BalasHapus
  39. Belum kefikiran beli koper buat liburan karena anak2 masih kecil dan kurang cocok dibawa bepergian. Hahahha... Tapi, Alhamdulillah punya referensi kalau besok lusa mau liburan. Aaamiin

    BalasHapus
  40. Yang paling penting kalau liburan mah kopernya ga perlu besar karena bakal banyak tempat beli baju ganti hehe apalagi di Indo tempat wisatanya jadi banyak tempat yang jual baju

    BalasHapus
  41. Lengkap banget sih ulasannya, Mba. Ya, saat ingin bepergian memang banyak detail yang harus diperhatikan agar perjalanan nyaman, termasuk pemilihan koper.

    BalasHapus
  42. Biasanya aku milih koper yang selalu muat dikabin hihi. Kebetulan banget koper ku udah buluk, jadi gak pede kadang kalo dibawa jalan-jalan. Thanks kak rekomendasinya, tbtb kepikiran mau beli koper, soalnya untuk jangka panjang masih tetap ok

    BalasHapus
  43. Koper sekarang banyak banget tersedia dari berbagai harga, model dan ukuran yaaa. Tinggal kita memilih yg paling sesuai aja

    BalasHapus
  44. Aku sendiri kalau pilih koper yang bagus dan masuk budget tentunya hehehe. Tp sekarang banyak banget pilihan koper ya dari harga juga ada yang affordable banget.

    BalasHapus