Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Caraku Menjaga Kesehatan Selama Ramadan 2023

 
Menjaga Kesehatan

Berada di bulan Ramadan artinya kita sebagai umat Muslim harus menunaikan kewajiban berpuasa selama kurang lebih 13 jam penuh bagi yang sudah baligh dan kuat secara fisik. Bagi lansia dan anak-anak memang tidak ada kewajiban untuk berpuasa, namun tidak ada salahnya jika ayah bunda mencoba mengajarkan anak sejak dini untuk berlatih berpuasa, agar kelak terbiasa ketika dewasa kelak.

Yang perlu diperhatikan ketika kita sudah memasuki bulan Ramadan adalah harus menjaga kesehatan apapun itu caranya. Masih segar dalam ingatan saya, ketika tahun 2020 awal mula terjadinya pandemi, di rumah selalu ada stok vitamin dan berbagai jenis obat-obatan. Kelihatannya sih cenderung berlebihan, namun itulah ikhtiar saya menjaga seluruh anggota keluarga dari terserang penyakit.

Puasa Ramadan tentu diiringi dengan aktivitas seperti biasa dan aktivitas tambahan seperti tadarus, sholat tarawih dan lain sebagainya. Adanya penambahan aktivitas tentu mengharuskan kita untuk fit sepanjang hari. 

Saya pribadi sederhana saja dalam menjaga kesehatan untuk seisi rumah, antara lain:

1. Konsumsi vitamin atau suplemen penambah daya tahan tubuh

Sebenarnya dengan kita mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi juga sangat baik untuk daya tahan tubuh. Akan tetapi akan lebih baik lagi apabila didukung oleh vitamin atau suplemen sebagai pelengkap ketika puasa Ramadan. 

Mau vitamin atau suplemen merk apapun, asalkan itu baik untuk daya tahan tubuh maka saya anjurkan Anda untuk mengonsumsinya. Ajak seluruh anggota keluarga untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen tersebut.

2. Rajin minum air putih 

Saya menjadi saksi sendiri atas khasiat dari air putih yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri sendiri, akibat terlalu sering minum manis.

Jadi karena badan saya termasuk gemuk maka otomatis sering sakit pada persendian. Setelah saya mencari tahu apa yang menyebabkan sering sakit pada sendi, ternyata terlalu banyak minum manis seperti kopi sachetan menjadi penyebabnya. 

Saya ganti pola hidup dengan rajin minum air putih dan ternyata, it works! Bengkak mata maka kaki pun menghilang dan saya bisa bergerak bebas dalam melakukan aktivitas.

3. Perbanyak konsumsi serat

Kebanyakan orang akan sulit buang air besar ketika sedang berpuasa. Saya pun demikian. Saya berinisiatif untuk menghadirkan sayur di setiap menu hidangan berbuka puasa, walau beli di luar. 

Selain sayur, ada banyak minuman tinggi serat lain yang bisa kita beli di toko-toko. Atau buah juga dapat menggantikan keberadaan sayur karena memiliki kandungan serat yang tak kalah tingginya.

Setiap keluarga punya cara mereka masing-masing untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga ketika bulan Ramadan tiba. 3 hal di atas merupakan cara sederhana saya dalam menjaga agar tubuh tetap fit di bulan puasa.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Caraku Menjaga Kesehatan Selama Ramadan 2023"