Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkonten Ria Bersama IndiHome, Jadikan Masa Tua Lebih Produktif




Percaya atau tidak, saat ini keberadaan internet menjadi hal yang primer bagi hampir seluruh manusia. Bagaimana tidak, hampir seluruh kegiatan manusia saat ini seolah bergantung pada jaringan internet. Banyak sekali kegunaan internet dalam hidup manusia, sebut saja:
  1. Internet dapat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya saja membeli keperluan rumah tangga melalui e commerce yang hanya dapat dipesan apabila tersedia jaringan internet.
  2. Mempermudah manusia dalam dalam mencari berbagai informasi terkini, seperti informasi mengenai perguruan tinggi berkualitas untuk anak ketika memasuki tahun ajaran baru
  3. Keberadaan internet mempermudah manusia dalam melakukan mobilitas bahkan selama 24 jam sekalipun. Contohnya saja dengan menggunakan ojek online ketika Anda sedang ada keperluan mendadak di malam hari.
  4. Dan masih banyak manfaat lain dari keberadaan internet.
Dikarenakan banyaknya manfaat internet dalam kehidupan manusia, alangkah lebih baik jika kita bijak menggunakannya, khususnya untuk hal positif yang mungkin dapat membantu orang lain dan mempermudah diri sendiri.

Saya pribadi sangat terbantu dengan keberadaan internet di kehidupan ini. Bahkan sebisa mungkin saya terus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak menjadi gaptek. Terbukti beberapa teman kerja saya banyak yang gaptek dengan pembenaran dari mereka, bahwa usialah yang menyebabkan mereka menjadi gagap teknologi.

Tentu saja saya tidak ingin menjadi sama dengan teman-teman kerja itu. Usia boleh tua, namun skill bolehlah diadu dengan yang masih muda. Maka saya bertekad untuk terus belajar selama masih diberi nyawa oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Di usia yang tidak muda lagi, ada banyak rencana untuk masa tua saya kelak. Salah satunya saya ingin menjadi lansia yang produktif apabila diberi usia yang panjang oleh Tuhan. Hal ini berdasarkan pengamatan pribadi dimana di sekitar saya banyak sekali lansia yang seolah-olah hidup mereka hanya membuang waktu saja, sementara sebenarnya banyak aktivitas produktif yang bisa dikerjakan.

Alasan mengapa saya bertekad untuk terus produktif hingga memasuki masa lansia kelak, diantaranya:
  • Mencegah dari kepikunan
Tidak usah jauh-jauh, saya ambil contoh Ibu saya sendiri dimana beliau saat ini berusia 77 tahun dan sudah semakin menurun daya ingatnya dikarenakan tidak ada aktivitas produktif yang signifikan dilakukan Ibu. Selain itu juga ada tetangga yang sudah masuk masa lansia dimana selalu datang kepada saya untuk menanyakan hal yang sama.

Dari pengamatan saya, lansia yang cenderung mudah lupa dikarenakan setiap harinya tidak diisi dengan kegiatan yang mengasah daya ingat. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengasah daya ingat misalnya saja berkebun, menjahit dan membaca buku.
  • Mencegah dari berita hoax yang menyebabkan mudah tertipu
Yang saya amati dari komunitas lansia di komplek perumahan adalah mereka mudah sekali termakan hoaks dengan pesan yang dikirim via grup WhatsApp Messenger. Jadi ceritanya Ibu saya tergabung di grup WhatssApp dimana setiap hari para lansia sering berbagi pesan berantai. Sangat disayangkan apabila ada pesan yang mengandung unsur hoaks namun ditelan mentah-mentah oleh lansia. Akibat yang paling merugikan adalah lansia yang tinggal sendirian di rumah dapat tertipu dengan oknum yang punya niat buruk.
  • Ingin berkontribusi untuk masyarakat sekitar
Usia tidak menjadikan penghalang bagi seseorang yang ingin berkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar. Begitu pula yang menjadi impian saya ketika sudah memasuki masa pensiun kelak. 

Dengan skill yang saya miliki, maka saya ingin tetap berguna bagi masyarakat sekitar. Syukur-syukur, karya saya masih dihargai bahkan dipakai oleh masyarakat yang membutuhkan.
  • Tidak bergantung pada orang lain
Dikarenakan saya belum memiliki anak sampai usia yang sekarang, maka tentu harus mempersiapkan diri apabila sampai usia senja saya dan suami masih berdua saja. Bertekad tidak ingin menyusahkan orang lain, saya pun mulai untuk menabung agar merdeka finansial dan tentu saja mengasah skill, dimana dalam hal ini menulis merupakan kemampuan yang dimiliki. Hal ini tentu saja agar masa tua saya nanti tidak bergantung dan menyusahkan orang lain.

Untuk menunjang produktivitas saya di hari tua nanti, maka tercetus ide untuk membuat konten sederhana di media sosial, dimana berisi berbagai informasi bermanfaat yang bisa dibagikan ke teman maupun pengikut.

IndiHome dan Produktivitas Lansia Menghabiskan Masa Pensiun

Ide membuat konten ketika memasuki masa pensiun tentunya harus didukung dengan keberadaan Internet Provider yang mumpuni. Mumpuni dalam hal ini adalah jaringan internet yang stabil agar ketika kita mengunggah konten ke media sosial dapat dengan mudah dan tanpa hambatan sekalipun.

Adalah Telkom Indonesia yang berdiri sejak tahun 1965, dimama menyediakan layanan internet melalui IndiHome kepada seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sehingga para pelanggan pun dapat mengakses internet dengan stabil.

Untuk kalian yang memiliki rencana berkonten ria bersama IndiHome di masa pensiun, maka tidak salah dalam memiliki Telkom Indonesia sebagai provider penyedia layanan internet stabil dan pastinya mengutamakan kualitas dalam pelayanan.

Keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila berlangganan IndiHome antara lain:
  1. Jaringan internet lebih stabil
  2. Bisa memilih paket yang dikehendaki, apakah ingin berlangganan internet saja atau juga sekaligus dengan TV dan telepon agar dapat berkomunikasi dengan kerabat dan menonton tayangan hiburan di channel favorit.
  3. Pembayaran yang mudah dilakukan, baik melalui ATM Bank yang bekerja sama maupun E-commerce yang bekerja sama untuk pembayaran tagihan bulanan IndiHome.
  4. Layanan Customer Service 24 jam yang siap membantu apabila ada kendala di jaringan.

Penutup

Menjadi tua itu pasti, namun yang harus kita pikirkan adalah bagaimana tetap produktif meskipun usia tak muda lagi.

Berkonten ria bersama IndiHome bisa jadi merupakan solusi bagi kita semua yang akan memasuki masa lansia agar tetap bahagia dan terbebas dari rasa kesepian. Menjadi lansia juga bisa bahagia asal tahu bagaimana mengelola waktu dengan benar.

Jadikan masa pensiun kalian lebih produktif dengan membuat konten bermanfaat dengan menggunakan jaringan internet IndiHome.


9 komentar untuk "Berkonten Ria Bersama IndiHome, Jadikan Masa Tua Lebih Produktif"

  1. Banyak juga ya kemudahan dalam menggunakan indihome. Tapi apakah indihome hanya menerima pembayaran melalui ATM Bank yang bekerja sama ataupun E-commerce yang bekerja sama untuk pembayaran tagihan bulanan IndiHome saja?

    BalasHapus
  2. Kebanyakan di kampung saya juga penduduk yang memasuki usia lanjut. Anak mudanya malah merantau.
    Tapi meski di kampung, kalua ada koneksi internet, gak berasa terkucilkan ya
    Dan tetap bisa produktif pastinya

    BalasHapus
  3. Bener kak.. Orang yang masa tuanya masih produktif terhindar dari penyakit seperti demensia Alzheimer.
    Mhh untuk kita nantinya sebagai content creator, pasti sangat membutuhkan internet yang bisa diandalkan seperti IndiHome.

    BalasHapus
  4. Saya rasa saya pun gaptek-gaptek nanggung soal internet ini.
    Tapi tetap suka sama internet.
    Mungkin sebagian orang itu memang kurang suka explore-explore internet, jadi untuk pembelaan diri, dia bilang aja dirinya gaptek, ye tak mba....
    Saya sangat terbantu karena adanya internet. Bersyukur dapat merasakan zaman internet ini.
    Dari mulai belanja sampe nyari soal latihan ujian anak, pake internet. Pake indihome

    BalasHapus
  5. Duh tadi saya udah komen, tapi kayaknya bakal jadi anonim de... maapkan saya mba. silahkan hapus yang anonim. saya komen ulang ya...

    Saya tadi komen kalo saya ini juga pengguna internet yang gaptek-gaptek nanggung.
    Tapi teteup saya pengguna internet. Mulai dari belanja sampe cari soal latihan ujian anak.
    Tiada hari lah tanpa internet pokokna

    BalasHapus
  6. Pemikiran saya pun sama, Mbak ... saya juga berharap masa tua saya tetap produktif bersama IndiHome. Saya tidak ingin bergantung pada orang lain dan ingin tetap produktif membuat konten di blog dan media sosial.

    BalasHapus
  7. Tetap bisa berkontribusi dan nggak menyusahkan orang lain terutama keluarga terdekat sesederhana dalam urusan finansial tuh memang bisa dikatakan sebagai impian dari semua orang ya, Mba. Aamiin. Semoga segala impian ini dalam terlaksana. Apalagi kan kehadiran internet saat ini sudah banyak sekali memberi kita kemudahan dalam menjalani keseharian ya, Mba.

    BalasHapus
  8. Bener banget tuh, jadi orang tua bisa ngehabisin masa tuanya dengan ceria dan having fun, ditambah lgi pake Indihome pasti makin semangat ngonten sih

    BalasHapus
  9. MasyaAllaah, jadi keinget ibukku udah bingung juga kalo ngga ada jaringan internet wakakaka. emang skrg tuh jadi kebutuhan, ngga hanya buat kerja tapi juga buat hiburan

    BalasHapus