Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunakan Galur.id, Tidak Ada Lagi Lupa Dengan Nama Saudara

Gunakan Galur.id



Siapa disini pembaca blog saya yang suka bingung sebut nama anggota keluarga manakala datang ke acara halal bi halal? Jangan khawatir, Anda tidak sendiri kok. Saya pun merasakan hal yang sama apabila sedang datang ke acara keluarga, entah itu arisan, pengajian, bahkan halal bi halal dalam moment Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya saya akan berbasa-basi terlebih dahulu sebelum akhirnya berani bertanya, siapakah nama lawan bicara saya dan dari keluarga mana dia berasal. Jika sudah mengetahui silsilah dari keluarga mana, barulah saya berani untuk melanjutkan ke topik pembicaraan berikutnya.

Masalahnya adalah sangat tidak lucu manakala saya harus lupa dengan nama saudara di setiap pertemuan keluarga besar, sementara jumlah anggota keluarga besar baik dari pihak ibu maupun almarhum bapak sangatlah banyak.

Bagi saya pribadi, silaturahmi dengan keluarga besar itu penting. Meskipun dipisahkan oleh jarak dan waktu, namun sebisa mungkin silaturahmi dapat dilakukan. Zaman sudah semakin canggih sehingga silarutahmi tidak perlu dilakukan dengan tatap muka saja. Ada yang namanya video conference menggunakan aplikasi seperti Zoom ataupun Google Meet agar tetap terhubung dengan anggota keluarga besar lainnya.

Beberapa keutamaan menjalin silaturahmi dengan keluarga antara lain:
  1. Dapat mendatang rezeki dari arah yang tak terduga
  2. Menjaga kerukunan antar sesama anggota keluarga
  3. Sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
  4. Mendatangkan kebahagiaan kepada anggota keluarga yang didatangi
Saya ingin bercerita sedikit mengenai ibu saya dimana beliau terdiri dari 13 bersaudara yang tinggalnya sudah saling terpencar. 13 saudara kandung tersebut sudah menikah dan melahirkan keturunan masing-masing. Lalu ada satu orang dari keluarga kami yang berinsiatif untuk menyatukan berbagai data dari masing-masing anggota keluarga besar mulai dari alamat tempat tinggal sampai dengan hubungan kekerabatan satu dengan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan semisal mendapat musibah, maka seluruh anggota keluarga lainnya dapat dengan sigap membantu.

Namun pada kenyataannya keinginan saudara saya tersebut tak semudah kenyataan di lapangan. Terjadi banyak kendala ketika ingin menyatukan data keluarga besar, seperti nomor telepon yang sudah berubah, alamat domisili yang sudah berpindah dan kendala lainnya.

Kendala yang dialami oleh saudara saya dalam mengumpulkan susunan anggota keluarga besar mungkin tidak akan terjadi apabila menggunakan aplikasi silsilah keluarga yang bisa saling menghubungkan satu dengan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memperkenalkan kepada Anda mengenai aplikasi silsilah keluarga yang sederhana, namun apabila digunakan sangat bermanfaat untuk menghubungkan kembali dengan anggota keluarga besar yang lama tak berjumpa.

Galur.id, Aplikasi Silaturahmi Untuk Saling Mendekatkan Diri Dengan Keluarga Besar

Galur.id, Aplikasi Silaturahmi


Adalah Galur.id, sebuah aplikasi silaturahmi yang dapat kita gunakan untuk mengumpulkan silsilah keluarga besar agar dapat saling mengetahui keberadaan masing-masing anggota keluarga. Tentu saja aplikasi silaturahmi ini digunakan untuk hal yang positif seperti menyambung kembali tali silaturahmi yang mungkin sempat terputus karena jarak dan waktu serta komunikasi.

Dalam agama Islam yang saya anut, mengetahui silsilah keluarga itu penting ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan. Misalnya saja ada seorang perempuan yang hendak menikah, namun ayah kandungnya sudah meninggal sehingga dia harus mencari wali yang merupakan garis keturunan ayahnya. Dengan adanya silsilah keluarga yang jelas, maka perempuan yang membutuhkan wali ketika hendak menikah, tak perlu bingung mencari siapa paman atau pakdhe dari pihak almarhum ayahnya yang akan bertindak sebagai wali nikah.

Dengan menggunakan aplikasi Galur.id sebagai aplikasi silsilah keluarga, maka di kemudian hari Anda tak perlu repot ketika hendak mengadakan suatu acara yang berhubungan dengan keluarga besar. Cara menggunakan aplikasi Galur.id sangat mudah sekali, yaitu:
  1. Buka website galur.id dan daftarkan diri Anda. Aplikasi ini cukup dibuka melalui browser yang ada di handphone maupun laptop kalian.
  2. Daftar dengan menggunakan nama lengkap dan email yang dimiliki
  3. Setelah berhasil, Anda bisa langsung login dan gunakan aplikasi silsilah keluarga dari Galur.id ini.
  4. Masukkan nama-nama saudara sesuai silsilah yang ada di dalam keluarga.
  5. Setelah selesai, Anda bisa membagikan link silsilah keluarga yang telah dibuat, dan bisa menginformasikan kepada seluruh anggota keluarga apabila membutuhkan.
Beberapa manfaat ketika kita menggunakan Galur.id sebagai aplikasi silsilah keluarga antara lain:
  • Cukup dipegang oleh satu orang admin atau lebih, sehingga data anggota keluarga yang lain otomatis dapat terupdate, dan ini merupakan fitur dari Galur.id yang paling bermanfaat.
  • Dapat dibagikan secara online berupa link yang dapat dibuka oleh anggota keluarga besar yang membutuhkan.
  • Bisa membagikan link undangan ke keluarga lain untuk bergabung dalam pohon keluarga yang telah kita buat.
  • Kerahasiaan data anggota keluarga terjaga karena member harus memasukkan password ketika hendak login ke Galur.id

Penutup


Walaupun kita sudah hidup di zaman yang mengedepankan teknologi, namun kultur budaya timur yaitu menjunjung tinggi nilai silaturahmi dengan anggota keluarga besar teteap tidak boleh ditinggalkan. Sesukses apapun kita di masyarakat, namun tetap harus rendah hati ketika berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga besar.

Jangan lupakan keluarga tempat kita berasal, karena bisa jadi dari keluargalah kesuksesan dapat diraih. Dengan Galur.id, aplikasi silaturahmi yang dapat membuat silsilah keluarga diharapkan akan semakin mempererat hubungan antar anggota keluarga besar apabila saling bertemu.

Semoga bermanfaat.

5 komentar untuk "Gunakan Galur.id, Tidak Ada Lagi Lupa Dengan Nama Saudara"

  1. Jujur, aku kehilangan jejak saudara bapakku loh...Harus dicari kontaknya nih. Bagus kalau pakai galur yah.Langsung terlihat pohon silsilahnya. Terima kasih...

    BalasHapus
  2. iyaa kadang suka lupa nama paman a, bibi a, sepupu b yaa saking banyaknya sanak saudara. auto pengen nyobain bikin pohon keluarga di galur.id untuk keluarga kecilku dulu, hehe

    BalasHapus
  3. Aplikasi ini penting, soalnya pas momen Lebaran biasanya kan ada reuni keluarga. Makin menjadi trend sekarang yg namanya reuni keluarga ini. Dari berbagai jalur.

    BalasHapus
  4. Kalau pakai cara konvensional emang ribet kalau menelusuri atau menginventarisasi jalur Keluarga. Tapi kalau pakai galur.id bisa lebi mudah ya. Lebih elegan pula.

    BalasHapus
  5. Dulu banget, pas ada acara kumpulan keluarga gini ada yang usul soal pembuatan buku silsilah keluarga. Sayangnya agenda tersebut hingga sekarang belum kelakon. Kayaknya kalau ada kumpulan lagi, aku bakalan ngusulin buat bentuk WA grup dan share website ini deh, biar kumpulan silsilah bisa segera terealisasikan

    BalasHapus