Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ODOP Blogger Squad: Jalan Ninja Belajar Ngeblog

 


Pernah dengan ODOP Blogger Squad? Kalau kalian yang saat ini sedang menggeluti dunia blogging, pasti pernah dengar walau sekilas mengenai ODOP Blogger Squad. Odop Blogger Squad atau yang biasa disingkat dengan OBS merupakan bagian dari komunitas ODOP (One Day One Post) dimana mengkhususkan diri pada anggota yang ingin belajar bagaimana memulai ngeblog.

Sebenarnya Komunitas ODOP dibentuk bukan hanya dikhususkan untuk member yang ingin menjadi blogger saja. Ada beberapa sub bidang dari komunitas ODOP itu sendiri, sebut saja ODOP Nulis Buku dan ODOP Menulis Artikel di Surat Kabar.

Nah, tahun 2019 saya mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri sebagai anggota Komunitas ODOP. Waktu itu saya ingat banget mengirim pesan via WhatsApp ke Kak Sakifah, salah satu senior Komunitas ODOP. 

Alhamdulillah saya lolos pendaftaran, dan mulai digembleng selama sekitar 2 bulan untuk menulis di blog gratisan dulu nih. Tentu saja jika sering absen dalam jangka waktu tertentu, akan dikeluarkan oleh para pengurus. Hal ini dikarenakan syarat utama lolos sebagai anggota Komunitas ODOP adalah menulis selama 2 bulan berturut-turut. Punya utang tulisan boleh kok, asal tidak kebanyakan. Bayangkan jika kalian punya utang yang tidak dibayar-bayar, tentunya akan semakin menumpuk donk. 

Sebenarnya menjadi anggota Komunitas ODOP 2 tahun terakhir ini menurut saya termasuk beruntung lho. Apalagi jika kalian minat pada dunia blogging, ada ODOP Blogger Squad yang selalu memberikan informasi mengenai job untuk blogger.

Waktu saya bergabung di tahun 2019, bisa dibilang saya dan teman-teman yang berminat pada dunia blogging masih harus mencari informasi sendiri mengenai komunitas ngeblog serta peluang mendapatkan penghasilan sebagai blogger.

Komunitas ODOP saat ini semakin solid dan berusaha memberikan yang terbaik bagi para anggotanya agar menerima asupan ilmu di dunia kepenulisan.

Sebagai lulusan dari batch 7, rasanya saya senang menjadi bagian dari keluarga besar komunitas ODOP. Walaupun termasuk silent reader di grup, namun saya juga menyimak apabila para admin memberikan informasi. Maklum saja, saya termasuk tipikal individu yang tidak terlalu suka tampil di hadapan umum, wkwkwk.

Kalau ada yang ingin mengajak berdiskusi, silahkan saja karena saya terbuka. Tapi saya pribadi kurang suka dengan individu yang selalu ingin mengkritik orang lain tanpa introspeksi ke dalam dirinya sendiri. 

Sebagai blogger, saya menyadari masih banyak kekurangan terutama gaya menulis yang masih jauh dari sempurna. Saya pun tidak malu untuk belajar, bahkan jika itu dari blogger yang lebih muda. Kalau tulisannya lebih berkualitas, kenapa tidak!

Baiklah, kembali ke topik mengenai ODOP Blogger Squad, maka akan saya uraikan mengapa kalian member ODOP wajib gabung ke dalamnya:

1. ODOP Blogger Squad memberikan ilmu blogging secara detail

Ketika berbicara ilmu ngeblog, di luar sana banyak kelas ngeblog namun berbayar. Tentu saja biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan ilmu tentang blog, tidaklah murah.

Saya pernah membayar sebesar Rp. 500.000,- untuk belajar ilmu SEO (Search Engine Optimization) ketika awal-awal ngeblog. Tentu saja belajar SEO harus disertai dengan praktik untuk melihat seberapa efektif artikel yang kita tulis, apakah bisa masuk ke halaman termuda Google.

Nah, ketika kalian masuk ke ODOP Blogger Squad, maka akan diajarkan juga mengenai ilmu tentang SEO dan GRATIS! 

Selain ilmu SEO, ketika kita ngeblog ternyata tidak hanya melulu tentang menulis. Ada yang namanya Google Analytics dan Google Search Console untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang datang ke blog kita.

Biasanya client akan meminta laporan Google Analytics setelah seminggu artikel ditayangkan. Tujuannya untuk mengetahui banyaknya pembaca yang sudah membaca artikel blogger yang mereview mengenai produk suatu brand misalnya.  

Tentu saja jika ingin bergabung ke ODOP Blogger Squad, kalian harus lolos dulu menjadi anggota komunitas ODOP sebelum bergabung ke grup ODOP Blogger Squad.

2. Odop Blogger Squad memberi informasi mengenai peluang job

Namanya blogger newbie, dulu saya juga masih bingung bagaimana sih caranya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari ngeblog. Saya beberapa kali melakukan blogwalking ke blog para blogger senior dan melihat mereka sering sekali menulis review tentang sebuah produk. 

Ohya, blogwalking merupakan kegiatan mengunjungi blog teman-teman blogger lainnya sambil memberikan komentar. Tentunya diharapkan komentar positif ya gaes. Tujuan blogwalking adalah saling support sesama blogger. Kalau saya pribadi sebagai ajang belajar dan memperbaiki kualitas tulisan saya. 

Sebisa mungkin jangan berikan komentar negatif. Kalaupun ingin memberi kritik dan saran, alangkah lebih baik menghubungi blogger yang bersangkutan melalui pesan WhatsApp atau Direct Message di Instagramnya.

Jangan pula mengusulkan untuk membedah tulisan si blogger yang ingin diberi saran tersebut di grup WhatsApp ya gaes, karena menurut saya hal tersebut kurang beretika. Walau sudah meminta izin, tapi menurut saya jangan pernah terlintas ide tersebut ya gaes untuk disampaikan ke admin group.

Kembali ke point peluang job ngeblog, perlahan tapi pasti, saya pun mulai dapat tawaran job melalui email. Ada beberapa orang, perwakilan dari agency yang menawarkan saya mengulas produk dari suatu brand. 

Beberapa job yang pernah saya dapat juga dari informasi yang diberikan oleh kakak-kakak PJ di grup ODOP Blogger Squad. Big thanks to ODOP Blogger Squad.

3. Para PJ yang akan selalu membimbing sampai member memahami ilmu blogging

Para PJ di ODOP Blogger Squad akan memberikan tugas kepada para member. Pastinya tugas tidak jauh-jauh dari menulis artikel dengan penerapan kaidah SEO.

Nantinya para PJ akan mention member yang kurang tepat dalam meletakkan Header 1, Header 2 dan sebagainya dalam settingan blog mereka. 


Penutup

Bagi kalian yang gemar menulis, jangan takut untuk mencoba hal baru, salah satunya ngeblog. Menulis bukan bakat namun suatu kegiatan yang bisa dipelajari. Menulis sendirian itu berat, maka berkomunitaslah agar kalian bisa saling sharing dengan anggota komunitas lainnya.

Yuk, jadi bagian dari komunitas ODOP agar kalian bisa lebih mendalami dunia kepenulisan. Dan bagi yang sudah menjadi member komunitas ODOP, maka tak ada salahnya mencoba belajar ngeblog dan masuk ke ODOP Blogger Squad untuk mendapatkan berbagai ilmu blogging bersama para mentor.

Posting Komentar untuk "ODOP Blogger Squad: Jalan Ninja Belajar Ngeblog"