Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tanda Anda Mengalami Kelelahan

 
Sumber Gambar: Pexel

Pernahkah Anda merasakan rasa lelah yang amat sangat tapi tidak tahu penyebabnya apa. Saya pernah merasakan hal tersebut, padahal bisa dibilang rutinitas saya cenderung biasa saja layaknya karyawan kantoran yang masuk jam 8 pagi, pulang jam 4 sore. 

Untuk kegiatan ngeblog pun masih dalam batas wajar, alias tidak sampai begadang dini hari. Maklum saja, saya tergolong orang yang sudah melekkan, dan mudah ngantuk. Pernah dulu saya coba tidur sampai jam 00.01 dini hari, keeskan harinya badan remuk redam rasanya. Sementara saya harus mencuci baju, cuci piring, dilanjutkan dengan pergi kerja. Kebayang gimana ngantuk dan capeknya.

Kalau kalian bisa melek sampai dini hari lalu mampu bekerja tanpa rasa ngantuk dan lelah, maka hebat banget karena saya tidak bisa melakukan sama dengan kalian. 

Adalah wajar kok kalah kita merasa lelah, kita hanya manusia biasa. Pekerja kantoran, ibu rumah tangga dan siapapun yang memiliki aktivitas sehari-hari pasti akan berada pada satu titik yang dinamakan lelah.

Biasanya, hal-hal yang membuat saya merasa lelah antara lain:
  • Pekerjaan di kantor
Namanya orang kerja pasti ada amanat serta tanggung jawab yang diemban. Saya pribadi di kantor bisa dibilang melakukan pekerjaan multitasking alias serabutan. Hal ini dikarenakan kantor yang terbilang usaha menengah sehingga tidak memungkinkan merekrut karyawan dalam jumlah banyak.

Dari 11 tahun yang lalu, memang hanya saya yang menangani bidang administrasi di kantor. Sampai akhirnya di tahun 2022 ada karyawati baru yang mendampingi saya untuk melakukan pekerjaan kantor. Bersyukur sekali saya diberi rekan kerja di bagian multitasking ini.

Saya mengakui usia yang semakin bertambah tentu membuat tenaga juga makin menurun. Produktivitas secara tidak langsung turut menurun pula, walau saya tidak ingin hal itu sampai terjadi. Prinsip saya adalah, usia boleh tua namun produktivitas jangan sampai menurun. Apalagi saya juga seorang blogger yang dituntut untuk bisa menghasilkan tulisan.

Ketika di kantor ritme kerja makin banyak, maka tak ayal lagi saya pasti lelah fisik dan batin. Begitu sampai di rumah, bawaannya ingin tidur sepanjang malam dan sudah tidak sanggup melakukan pekerjaan rumah lainnya. 
  • Tanggung jawab di rumah
Di rumah memang tidak ada anak kecil sehingga seharusnya kondisi rumah tidak berantakan. Namun tetap saja saya harus berusaha agar segala barang di rumah berada di tempat yang semestinya. Tidak mungkin donk rumah tidak disapu, dipel, pakaian tidak dicuci dan sebagainya.

Apabila saya merasa tanggung jawab pekerjaan di rumah sudah overload, maka saya serahkan ke ahlinya. Sebagai contoh saya bawa pakaian kotor ke laundry dan beli makanan melalui ojek online.

Terkadang meninggalkan lansia yaitu ibu di rumah sendirian juga sering membuat saya kepikiran. Walau ibu dalam kondisi sehat wal afiat, namun tetap saja perhatian terkadang suka terbagi antara kantor dan rumah. Beruntung kita hidup di era teknologi maju sehingga Ibu memiliki smartphone untuk tetap berkomunikasi dengan saya.

Secara tak sadar, apabila Anda lelah tentu akan menunjukkan gejala yang mungkin tidak biasanya. Tidak semu orang menyadari hal tersebut. Namun bagi saya, wajib untuk menyadarinya agar tidak jatuh sakit di kemudian hari.

Tanda Seseorang Mengalami Kelelahan

Setiap orang pasti sudah paham akan kondisi tubuhnya sendiri. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda sedang dalam kondisi kelelahan yang amat sangat, dan itu bisa dialami oleh semua orang. Tanda tersebut antara lain:

1. Sulit berkonsentrasi

Lelah fisik dan mental membuat seseorang akan menjadi sulit untuk berkonsentrasi pada satu hal. Sering saya mengalami ketika sedang berkutat pada target kerja. Overthinking apakah bulan ini bisa mencapai target marketing atau tidak terkadang membuat batin lelah.

2. Mudah lupa

Terlalu banyak yang dikerjakan juga sering membuat saya lupa hendak melakukan hal apa berikutnya. Saking tidak fokusnya akhirnya bisa dibilang saya keteteran pada pekerjaan kantor dan rumah. Yang ada akhirnya saya terdiam dan tak melakukan hal apapun.

3. Sakit walau sebenarnya sehat

Jadi saya pernah mengalami sakit kaki dan pinggang secara bersamaan. Lalu diikuti sakit kepala yang berujung pada vertigo. Selang satu minggu, kondisi kesehatan saya tak kunjung membaik. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan general check up untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh ini.

Tak tanggung-tanggung, saya melakukan tes kesehatan cukup banyak seperti kolesterol, gula darah puasa dan 2 jam PP, liver, serta kreatin. Ternyata hasil medical check up saya semuanya normal dan tidak ada yang lebih dari kadar normal. Bagi saya ini aneh, karena kondisi kesehatan sudah tak wajar.

Lalu saya menyimpulkan sendiri bahwa saya hanya lelah saja dalam menjalani kehidupan ini. Nampaknya saya harus rehat sejenak. Namun apa daya, masih banyak pekerjaan yang menumpuk sementara saya sudah beberapa kali izin tidak masuk dikarenakan harus menemani suami operasi tiroidnya. 

4. Emosi yang mudah meledak

Pernah tidak kalian tiba-tiba marah tanpa ada alasa yang jelas. Bisa jad kalian sedang PMS jika seorang perempuan. Saya beberapa kali pernah marah tak jelas, tanpa sebab apapun. Rasanya apa yang dikerjakan orang lain tak pernah benar di mata saya.

Setelah saya merenung dan introspeksi, akhirnya saya anggap bahwa hal itu terlalu berlebih-lebihan. Bisa jadi saya marah di luar kesadaran dan akibat terlalu lelah dengan kondisi saat ini. 

Bisa jadi ketika kita emosi tanpa sebab ini dikarenakan bingung ingin meluapkan rasa lelah namun tak kunjung bisa beristirahat. Ingin lepas dari pekerjaan namun masih banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan.

5. Susah tidur atau insomnia

Waktu istirahat tiba namun Anda tak ku Jung memejamkan mata juga. Hal ini dikarenakan banyak hal yang Anda pikirkan. Kekhawatiran akan tidak bisa terselesaikannya pekerjaan padahal itu hanya perasaan Anda saja. 

Lantas bagaimana cara agar kita bisa melepaskan diri dari rasa lelah yang berlebihan, berikut yang biasa saya lakukan:

1. Mengafirmasi diri

Afirmasi ke diri kalian sendiri bahwa segala sesuatu yang dilakukan pasti ada masa berakhirnya. Begitu pula dengan pekerjaan dan kegiatan rumah tangga. Setiap masalah dan kendala di pekerjaan akan bisa diselesaikan asal kita tetap berpikiran positif dan tetap mencari jalan keluar.

2. Dengarkan lagu-lagu instrumen 

Saya penyuka semua genre lagu yang enak didengar. Apabila menemukan genre lagu yang enak didengar dan memberikan rasa tenang, maka akan saya masukkan wishlist dan diputar ketika sedang galau dan lelah yang amat sangat. Secara tidak langsung, musik yang saya dengar akan memberikan motivasi tersendiri sehingga keesokan harinya lebih positif dalam menjalani aktivitas keseharian.

3. Lakukan me time

Me time tidak harus melulu liburan, foya-foya dan sebagainya. Me time merupakan kegiatan yang menurut kalian menyenangkan dan memberikan efek optimis ketika selesai melakukannya. Sebagai contoh me time bagi saya adalah tidur, sehingga apabila saya bisa tidur selama 8 jam tanpa jeda maka saya akan merasa puas dan segar kembali.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Tanda Anda Mengalami Kelelahan"