Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Jitu Memulai Bisnis Secara Online

 
Sumber gambar: Pexel

Memiliki usaha sendiri bisa jadi merupakan impian bagi sebagian orang yang berjiwa entrepreneur. Saya punya teman kerja di kantor yang sangat ingin punya usaha sendiri. Bahkan dia pun kuliah sebenarnya hanya ingin menyenangkan ibunda tercinta. Selepas wisuda, teman saya bilang bahwa dia akan menyerahkan ijazah S1-nya kepada Ibu dan dia melanjutkan rencana memiliki usaha sendiri. Suatu saat dia berharap bisa berhenti menjadi karyawan kantoran.

Sah-sah saja dengan impian yang kalian idam-idamkan. Saya pun kalau memungkinkan ingin punya usaha sendiri. Namun apa daya, bisa dikatakan saya adalah generasi sandwich yang harus memenuhi kebutuhan keluarga. Alhamdulillah, saya tetap bersyukur menjalani hidup yang ada sekarang.

Nah, untuk kalian yang memang ingin memiliki bisnis secara online, maka ketahui terlebih dahulu apa tujuan ingin membuka usaha tersebut. Sebaiknya jangan main-main dari awal, sebab hal itu akan menentukan langkah selanjutnya.

Bisnis online adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan meraih profit atau keuntungan melalui media online. Saat ini kita tahu sendiri bahwa perkembangan teknologi begitu cepat dan pesat. Selalu ada saja informasi baru mengenai digitalisasi yang kita dapatkan.

Kalau dulu orang bisa berjualan di media sosial seperti Instagram atau Facebook, sekarang ada yang namanya TikTok Live, dimana kalian bisa berjualan sambil ditonton puluhan ribu bahkan jutaan netizen.

Kemudian ada juga toko online yang memang mengkhususkan membuat website sendiri untuk menjual produk mereka. Tam masalah kalian beli di toko online tersebut, asalkan sudah terpercaya dan banyak testimoni nyata yang pernah membeli produk toko tersebut.

Yang terakhir adalah marketplace, dimana merupakan langganan saya membeli semua kebutuhan yang dibutuhkan. Bagi saya saat ini marketplace merupakan sarana berbelanja kebutuhan paling aman. Hal ini dikarenakan ketika berbelanja di marketplace, kita akan membayar produk yang dibeli melalui rekening bersama yang dikelola oleh marketplace tersebut. Apabila dalam jangka waktu yang ditentukan, penjual tidak mengirimkan barang, maka otomatis dana akan dikembalikan ke dompet saya di akun marketplace tersebut.

Marketplace menghimpun berbagai usaha online yang dimiliki oleh pelaku bisnis agar bisa berjualan dengan aman juga.

Mengapa seseorang tertarik untuk memulai bisnis secara online, berikut alasannya:
  • Tidak memerlukan biaya operasional yang besar
Ketika Anda memiliki bisnis konvensional yang memerlukan ruang untuk kantor, dan berbagai atribut lain, tentu akan ada budget khusus yang perlu dianggarkan untuk hal tersebut. Namun di zaman sekarang, saat kemajuan teknologi makin berkembang, kita tidak perlu dipusingkan dengan pemilihan lokasi usaha manakala usaha tersebut mampu digerakkan secara online. Kita hanya butuh ruangan khusus yang memadai untuk penyimpanan stok barang. Itupun tak perlu terlalu besar. Untuk keperluan teknis lainnya, Anda bisa menggunakan virtual office.
  • Tidak memerlukan tempat atau lokasi untuk dijadikan kantor
Kalau bisnis Anda merupakan produksi suatu barang tentu saja memerlukan tempat untuk proses produksi. Atau misal bisnis Anda outlet pakaian yang memang khusus menjual baju-baju secara offline, maka pemilihan lokasi strategi diperlukan agar makin banyak pengunjung yang datang.

Tapia apabila bisnis Anda dijalankan hanya secara online, maka tidak perlu pusing harus buka kantor atau gudang dimana, karena pesanan hanya masuk melalui online saja. Yang harus Anda butuhkan adalah jaringan internet memadai agar tidak ada pesanan yang terlewatkan dikarenakan slow respon.
  • Bisa dikerjakan secara mobile atau dimana saja
Nah, saat ini marak adanya sebutan remote workers, yaitu pekerja yang dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa ikatan waktu dan tempat. Sebut saja blogger, penulis lepas atau pekerja yang berhubungan dengan industri kreatif. Zaman telah berubah, profesi pun makin banyak bertambah seperti Youtuber, Selebgram dan lain sebagainya, dimana tidak memerlukan satu ruangan tetap untuk bekerja. 

Begitu banyaknya media berjualan secara online, tentu mempermudah kita dalam menentukan pilihan ingin menjual produk dimana. Atau kalian punya strategi tersendiri untuk berjualan secara online, sah-sah saja kok.

Jika ingin memulai bisnis online, maka yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Produk yang akan dijual

Banyak orang membuka bisnis online dikarenakan hobi terhadap sesuatu. Misalnya saja kalian yang hobi desain, maka tak mustahil berkeinginan membuka bisnis online di bidang jasa desain produk dan logo.

Tidak masalah apabila kalian ingin berbisnis sesuai passion, hanya saja pertimbangkan apakah di kemudian hari bidang tersebut akan related dengan kondisi pasar di negara kita.

Saya aja ketika membuka usaha sembako akibat terkena imbas pandemi, langsung berpikir bahwa sembakolah yang cocok untuk saya. Hal ini dikarenakan saya tipe orang yang tidak sabaran dan maunya serba cepat. Cepat dalam hal ini tentu saja cepat lalu. Jangan contoh saya ya. Kalau bisnis sembako, meskipun untung tak seberapa namun banyak yang membutuhkan karena sembako merupakan kebutuhan primer setiap manusia.

2. Segmentasi pasar

Nah, jangan lupa kalian harus tentukan siapa yang bakal menjadi pelanggan di bisnis ini. Tentu saja agar ketika melakukan promosi, tidak salah sasaran. Ibaratnya, kalian tidak bisa menawarkan produk tersier seperti perhiasan ke kalanga masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Hal ini dikarenakan perhiasan termasuk kebutuhan tersier dan tidak semua orang membutuhkan.

Contoh ketika saya membuka warung sembako baik secara offline maupun online. Tidak muluk-muluk, target market saya ketika itu hanyalah para tetangga di komplek perumahan yang saya huni. Kalau tiba-tiba ada warga dari komplek lain membeli sembako saya, artinya selain itu rezeki, juga ada orang yang memberi info kalau saya berjualan sembako. 

Walaupun bisnis online ditujukan kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali, bahkan di luar negeri pun bisa membeli produk Anda, namun Anda tetap harus menentuka siapa saja segmen pasar yang dibidik. Tentu saja kaitannya dengan materi promosi kelak.

3. Konsep foto produk

Dulu saya termasuk asal-asalan ketika foto produk sembako. Lalu ada teman online yang menyarankan agar saya mulai mengemas foto lebih cantik dan estetik agar yang melihat menjadi tertarik, dan siapa tahu memutuskan untuk membeli. 

Sesederhana apapun barang dagangan kalian, namun apabila bisa ditampilkan secara estetik maka bisa mendatangkan omset penjualan.

4. Bentuk promosi yang digunakan

Langkah jitu memulai bisnis secara online lainnya adalah, kalian harus memikirkan bentuk promosi yang akan digunakan nantinya. Sekarang sudah ada Facebook Ads, TikTok Ads dan lain sebagainya. Juga ada broadcast di WhatsApp serta buat status melalui WhatsApp. 

Karena yang akan dikembangkan adalah bisnis online maka sistem promosinya pun seharusnya menggunakan metode secara online pula. Hal ini agar bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi, kalau perlu sampai ke luar negeri.

Kesimpulan

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, termasuk dunia bisnis sekalipun. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali bisnis online banyak bermunculan. Namun jangan goyah hanya karena banyaknya kompetitor di bidang usaha yang ingin Anda geluti.

Intinya adalah Anda punya keinginan yang kuat, motivasi serta optimisme bahwa setiap bidang usaha akan memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Jadi bagi Anda yang sedang ingin mulai bisnis secara online, maka tetap semangat dalam memulainya. Konsistensi merupakan faktor yang utama ketika Anda mulai bisnis secara online, karena akan banyak bermunculan inovasi baru. Anda harus terbuka pada inovasi baru di bisnis online serta menyesuaikan segala perubahan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Langkah Jitu Memulai Bisnis Secara Online"