Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Pesan Gojek Untuk Masyarakat yang Tinggal di Ibu Kota

 
3 Manfaat Pesan Ojek Online


Sejak tinggal di Surabaya mulai tahun 1999, saya akrab dengan yang namanya transportasi umum. Kemana pun saya bepergian, selalu naik transportasi umum dan selalu bemo yang menemani ke setiap lokasi yang dituju. Bemo merupakan salah satu transportasi umum yang ada di Surabaya. Di tahun 1999 angkutan umum selain bemo, ada juga Angguna (Angkutan Serba Guna) dan Bus Kota. Namun seiring berjalannnya waktu dan perkembangan zaman, Angguna sudah tidak beroperasi lagi. 

Naik angkutan umum itu menyenangkan sekali bagi saya. Kalau beruntung, kita bisa dapat teman ngobrol sesama  penumpang yang baik dan bahkan bisa jadi mitra usaha misalnya. Dari seringnya naik bemo dan bertemu setiap pagi menuju kantor masing-masing, akhirnya saya kenal teman bernama mbak Yanti. Lalu kami pun saling bertukar nomor telepon hingga saat ini saling support usaha.

Selain bisa mendapat teman baru, dengan naik angkutan umum kita juga bisa menghafal beberapa jalan yang dilewati. Tentunya sangat berguna manakala kita hendak bepergian ke daerah tersebut di lain waktu. Walau, terkadang saya mengalami kendala juga ketika bepergian menggunakan angkutan umum. Beberapa kendala yang saya alami ketika menggunakan angkutan umum, diantaranya:
  1. Terpaksa oper naik angkutan umum lainnya apabila lokasi yang dituju tidak dapat dijangkau oleh angkutan yang pertama. Tentu saja saya harus merogoh kocek yang lebih banyak ketika harus oper angkutan umum demi sampai ke tempat tujuan.
  2. Rawan tindak kejahatan. Tahun 2001 masih terekam di memori saya ketika ada copet di dalam bemo yang saya naiki. Jadi pencopet itu dengan jelas memasukkan tangan ke dalam saku celana seorang kakek dan tidak disadari. Jantung saya langsung berdegup kencang saking takutnya ketika itu.
  3. Memakan waktu lama di perjalanan. Kalian yang pernah merasakan naik angkutan umum pasti merasakan donk betapa lamanya perjalanan yang ditempuh. Hal ini dikarenakan angkot di Surabaya akan berhenti lama jika penumpangnya sedikit. Maka dari itu ketika naik bemo di Surabaya, saya selalu berdoa agar penumpang banyak agar bemo dapat melaju kencang ke kampus. Hal ini dikarenakan saya selalu naik bemo ketika hendak berangkat kuliah.
Namun, zaman pun telah berubah. Kemajuan teknologi semakin pesat dari tahun ke tahun. Apa yang dulu tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan dirasa mustahil, namun sekarang dapat terealisasikan bahkan mempermudah masyarakat. Salah satunya adalah pesan ojek online melalui aplikasi.

Saya yang sangat takut mengendarai sepeda motor di jalan raya kota Surabaya pernah membayangkan alangkah senangnya apabila ada cara mudah pergi ke suatu tempat tanpa harus menunggu lama di dalam angkutan umum. Bersyukur keinginan dan khayalan saya terwujud walau harus menunggu bertahun-tahun lamanya. Tak masalah, daripada tidak terwujud sama sekali.

Pesan ojek online dan pesan makanan online merupakan dua hal yang sangat mempermudah saya di saat sekarang ini. Hal ini dikarenakan usia saya yang sudah tidak muda lagi, sehingga ingin melakukan segala sesuatu dengan praktis tanpa ribet.

Bersyukur sekarang sudah ada Gojek, start up milik anak bangsa yang bisa kita gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari sebagai masyarakat yang tinggal di ibukota provinsi Jawa Timur. Gojek dengan fitur Goride yang dimiliki sangat membantu saya ketika hendak ingin melakukan perjalanan baik itu di dalam kota maupun luar kota. Sementara fitur Gofood dari Gojek membantu saya ketika tidak sempat memasak untuk menghidangkan masakan yang enak dan bergizi untuk suami dan ibu yang sudah memasuki usia lanjut.

Yuk, sebelum saya uraikan apa saja manfaat pesan ojek online bagi kalian yang tinggal di ibu kota, mari kita berkenalan dengan Gojek, salah satu start up terbesar yang ada di Indonesia.

Start Up Milik Anak Bangsa


Mengenal Gojek: Start Up Milik Anak Bangsa

Siapa yang tak tahu dengan Nadiem Makarim, dimana beliau merupakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risent dan Teknologi di era Presiden Joko Widodo. Pada tahun 2010, Nadiem Makarim mendirikan Gojek bersama kedua rekannya dengan nama PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. Bergerak di bidang transportasi, Gojek pun mulai beroperasi dan aplikasinya bisa diunduh melalui smartphone yang dimiliki oleh seluruh masyarakat di Indonesia. 

Seiring perjalanan sebagai start up anak bangsa, maka Gojek sendiri mulai mengembangkan lini bisnisnya bukan hanya sekadar layanan ojek online semata. Beberapa layanan yang disediakan di aplikasi Gojek antara lain:
  • Gofood
Gofood merupakan layanan dari aplikasi Gojek yang mempermudah pengguna untuk memesan makanan secara online. Saya pernah kedatangan tamu kerabat jauh secara dadakan dan di rumah tidak ada makanan untuk dihidangkan. Beruntungnya ketika hal itu terjadi, sudah ada aplikasi Gojek yang bisa memesan makanan secara online tanpa ribet. Bahkan kita bisa memiliki tempat makan sesuai selera melalui fitur Gofood di aplikasi Gojek.
  • Gosend
Saya pernah mengalami peristiwa mendesak harus mengirimkan kontrak kerjasama dengan vendor namun hari sudah beranjak sore. Tidak mungkin saya mengirim berkas penting melalui jasa ekspedisi karena bisa sampai berhari-hari. Untung saja ada fitur Gosend di aplikasi Gojek yang memungkinkan kita mengirim berkas penting hanya dalam hitungan jam.
  • Gobox
Pernah tidak kalian merasakan susahnya mencari armada untuk pindahan rumah misalnya. Tentu saja saat ini kita tidak perlu takut akan sulitnya mencari armada ketika hendak pindahan kantor atau rumah tinggal. Tinggal pesan secara online di aplikasi Gojek melalui fitur Gobox, lalu mobil akan datang dan siap mengantar barang-barang milik Anda.
  • Gomart
Bumbu masak habis di dapur namun belum sempat pergi ke toserba dekat rumah? Tenang, karena fitur Gomart di aplikasi Gojek sangat membantu kalian yang sedang kehabisan bahan makanan di rumah. 

Saya pernah kehabisan obat sakit kepala di rumah padahal saat itu sedang pusing hebat. Tidak mungkin saya keluar rumah sementara sedang sakit. Akhirnya saya menggunakan layanan Gomart melalui aplikasi Gojek untuk membantu saya membeli obat sakit kepala. Bersyukur driver datang tidak lama setelah dipesan dan saya pun bisa langsung konsumsi obat sakit kepala.
  • Gocar
Sebagai start up yang mengusung bidang transportasi, tentu saja tidak memberikan pelayanan dalam pemesanan ojek online saja. Anda bisa memesan layanan taksi online berplat hitam melalui fitur Gocar di Gojek. Bepergian dengan keluarga besar tentu saja harus menggunakan kendaraan yang mampu memuat banyak penumpang. Fitur Gocar merupakan solusi efektif bagi kalian yang ingin mengajak keluarga bepergian dalam kota saja.
  • Gopay
Saat ini terjadi perubahan dalam gaya hidup masyarakat, salah satunya menghindari pembayaran dengan uang tunai. Salah satu cara pembayaran yang dapat digunakan adalah melalui dompet digital, dimana fungsinya sama ketika kita membayar dengan uang tunai. Gopay merupakan salah satu dompet digital yang dapat digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk memudahkan ketika berbelanja. Lebih praktis dan juga dapat meminimalkan dari tindak kriminal.

Manfaat Pesan Ojek Online di Kota Besar

Pesan ojek online andalan saya tentu saja di Gojek donk. Dari tahun 2016 Gojek sudah menemani kemana pun saya bepergian, baik itu di kota sendiri maupun luar kota. Saya masih ingat ketika tahun 2021 lalu harus pergi ke Semarang melayat Bude yang meninggal dunia. Ketika hendak kembali ke Surabaya, saya harus melakukan tes Swab PCR bersama ibu. Kami berdua tidak ingin merepotkan keluarga yang berduka sehingga menggunakan layanan Gocar untuk pergi ke klinik tempat dilakukan tes Swab PCR.

Tidak ingin Ibu menunggu lama, saya pun mengantar beliau ke rumah Bude. Ketika hasil tes Swab PCR sudah keluar, saya pun pesan ojek online menggunakan aplikasi Gojek untuk mempercepat waktu. Apalagi di rumah bude tidak ada angkutan umum satupun yang melintas, sehingga saya harus gerak cepat.

Sementara keluarga Bude masih sibuk dengan urusan sepeninggal beliau, saya juga berinisiatif pesan makanan online untuk seisi rumah untuk meringankan beban pikiran mereka. Namanya saja ditinggal pergi untuk selamanya, pasti banyak yang harus diurus. Lagi-lagi aplikasi Gojek selalu ada untuk saya ketika hendak pesan makanan online.

Lalu apa saja sih manfaat pesan ojek online bagi masyarakat yang tinggal di ibu kota? Berikut 3 manfaat utamanya:

1. Mempersingkat Waktu

Banyak pengalaman yang saya rasakan ketika mengalami dua era yang berbeda. Era pertama dimana saya pernah mengalami rasa tak nyaman akibat berdesak-desakan di dalam angkutan umum, dan era kedua dimana saya dengan nyaman berkendara menggunakan ojek online yang bisa dikatakan bebas hambatan macet. Tinggal buka aplikasi Gojek, lalu saya pesan layanan ojek online dan tak lama datang driver ojek online yang ramah siap mengantar sampai tujuan.

Ibu kota dengan tingkat kemacetan tinggi tentu saja bisa menyebabkan stress bagi sebagian masyarakat yang berprofesi dengan karyawan kantoran. Salah satu solusi tentu saja datang lebih pagi ke kantor dengan menggunakan transportasi online dimana bisa menembus macetnya ibu kota.

2. Menghemat Tenaga

Saya pernah merasa stress ketika harus menunggu bemo sampai satu jam lamanya ketika pulang kerja dalam kurun waktu antara tahun 2011 sampai 2015. Biasanya sore hari merupakan jam-jam padat angkutan umum penuh dengan penumpang karena bersamaan dengan waktu pulang kantor. Padahal jarak antara kantor dengan rumah saya terbilang cukup dekat, namun karena saya harus menunggu bemo cukup lama akhirnya harus sampai rumah saat Maghrib menjelang.

Dengan adanya layanan pesan ojek online tentu saja menghemat tenaga dalam menunggu dan juga tidak perlu berdesak-desakkan dengan penumpang lainnya di dalam bemo. Saya pernah hampir tidak bisa duduk dan rela jongkok karena saking penuhnya penumpang di dalam bemo, sementara saya sudah keburu ingin pulang.

Menggunakan layanan ojek online di ibu kota itu bagi saya sangat penting. Sudah bukan jamannya lagi berlarian mengejar angkutan umum demi tidak terlambat datang ke kantor. Yang kita butuhkan sekarang ini adalah kenyamanan berkendara dan bebas dari berdesakan dengan penumpang lainnya.

aplikasi Gojek


3. Menghemat Biaya

Ada yang bertanya kepada saya, "Lho, bukannya pesan ojek online akan semakin membuat bengkak biaya transportasi bulananmu ya?" Terkadang sebagian orang hanya melihat dari satu sisi saja. Yang mereka lihat hanya angka pada tarif aplikasi.

Saya ingin memberikan ilustrasi dengan mengajak berhitung bagi Anda yang berdomisili di Surabaya jika ingin bepergian dari daerah Rungkut Tengah ke Menur Pumpungan. Seperti yang saya ketahui, bahwa angkutan umum atau bemo di Surabaya ada beberapa yang sudah tidak beroperasi lagi. Untuk gambaran saja bahwa di Rungkut Tengah jarang sekali ada bemo yang lewat. Biasanya di Rungkut Tengah ada bemo U yang dapat membawa Anda menuju Menur Pumpungan namun angkutan umum tersebut hanya bisa mengantar sampai ke daerah Jagir Wonokromo, sehingga mau tidak mau Anda harus oper bemo RT untuk sampai ke tujuan. Sementara di Menur Pumpungan pun terdiri dari gang-gang yang tidak bisa dilewati angkutan umum seperti bemo atau bus kota. 

Cara efektif agar bisa sampai ke Menur Pumpungan adalah Anda harus oper becak untuk bisa tiba di lokasi tujuan. Bisa-bisa total biaya yang Anda keluarkan sekali jalan sebesar Rp. 25.000,-. Itupun Anda harus pandai-pandai menawar ongkos becak agar bisa sampai ke tujuan.

Sementara jika Anda memesan ojek online di aplikasi Gojek, maka tarif yang harus Anda bayar dari Rungkut Tengah ke Menur Pumpungan cukup sekitar Rp. 17.000,- saja. Belum lagi jika Anda mendapat promo dari aplikasi, maka tentu biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat donk.

Penutup

Kemajuan teknologi saat ini sangat membantu kita dalam mempermudah menyelesaikan segala jenis pekerjaan. Tentu saja banyak sekali manfaat positif dari kemajuan teknologi. Keberadaan Gojek sebagai start up anak bangsa di Indonesia sangat membantu kita, khususnya masyarakat yang tinggal di kota besar dalam beraktivitas, terlebih bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Saya sebagai penduduk Surabaya merasakan dampak positif adanya aplikasi Gojek untuk kemudahan berkendara tanpa repot memikirkan macetnya jalan raya. Cara menggunakan aplikasi Gojek pun cukup mudah dan bisa diakses oleh seluruh usia, bahkan lansia seperti ibu saya sekalipun.

Jadi tunggu apa lagi, gunakan kemudahan teknologi untuk memperlancar hidup Anda sekarang juga bersama Gojek.

Posting Komentar untuk "3 Manfaat Pesan Gojek Untuk Masyarakat yang Tinggal di Ibu Kota"