Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

 
Cara menurunkan berat badan
Picture source: Pexels 

Memiliki berat badan ideal atau proporsional merupakan dambaan bagi kita semua, tak peduli laki-laki maupun perempuan. Bahkan di usia yang tidak muda lagi, saya pun ingin sekali memiliki berat badan seperti sebelum menikah dahulu yaitu langsing, wkwkwkw. Namun karena keinginan makan yang tak terkendali menjadikan berat badan saya tidak seperti dulu lagi.

Sebenarnya langsing atau kurus bukan identik dengan cantik dan seksi ya menurut saya. Namun berat badan yang proporsional itu lebih identik dengan kesehatan tubuh. 

Apabila asupan makanan yang kita konsumsi selama ini melebihi dari jumlah kalori yang dikeluarkan, maka bukan tidak mungkin akan mengalami obesitas. 

Obesitas sendiri memiliki pengertian suatu kondisi seseorang dimana mengalami penumpukan lemak akibat terlalu berlebihan menerima asupan makanan serta tidak seimbang dengan energi yang dikeluarkan. 

Contohnya saja apabila kita mengonsumsi kalori sebanyak 1000 kalori setiap hari, maka usahakanlah kita juga harus mengeluarkan 1000 kalori atau lebih untuk bisa menghindari obesitas. Jika kita hanya mengeluarkan 700 kalori setiap hari, maka apabila terus menerus terjadi yang ada tubuh mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

Apa yang terjadi kepada saya selama memiliki berat badan yang bisa dikatakan over weight ini, diantaranya:

1. Badan cepat merasa lelah

Dikarenakan banyak lemak yang ada di dalam tubuh dan melebihi batas normal, menjadikan gerak lebih terbatas. Jika bergerak terlalu sering maka yang terjadi pada orang gemuk adalah mudah ngos-ngosan dan cepat letih.

Saya pub mengakui hal tersebut. Ketika harus menyetor uang di lantai 2 Bank BCA, maka gerak badan saya tidak selincah ketika kurus beberapa tahun lalu yang dengan mudah menaiki anak tangga. Bahkan ketika sudah sampai ke lantai dua pun saya harus menarik nafas panjang karena ngos-ngosan sepanjang menaiki anak tangga yang tak seberapa jumlahnya.

Ketika saya memiliki berat badan melebihi batas ideal, maka rasa malas akan sering muncul. Salah satu kegiatan yang mungkin akan saya hindari adalah berolahraga, sementara kegiatan yang satu itu sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubu tetap kuat.

2. Mudah mengantuk

Penumpukan lemak di dalam tubuh memunculkan senyawa yang disebut sitokin. Nah, ternyata sitokin inilah yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Tentu saja jika kita sering mengantuk padahal masih di waktu bekerja, maka akan menurunkan produktivitas. Yang ada badan akan sering merasa lemas dan tak bertenaga walau sudah makan teratur. Setelah dilakukan pengecekan ternyata kita mengalami obesitas. 

3. Sering sakit

Berat badan yang tidak ideal ditandai dengan penumpukan lemak di beberapa anggora tubuh tertentu, sebut saja perut, paha, lengan kaki dan tangan. Pembesaran pada beberapa anggota tubuh tentu saja menyebabkan gerak anggota tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Misalnya saja saya yang memiliki berat badan berlebih ini sering merasa sakit di persendian kaki sehingga menghambat ketika sedang berjalan. Sementara profesi saya mengharuskan untuk melakukan mobilitas yang intens. Hal ini dikarenakan kaki tidak mampu menopang bagian tubuh atas yang kemungkinan lebih berat dari yang semestinya.

Selain itu, penumpukan lemak di beberapa organ tubuh seperti jantung misalnya dapat menyebabkan seseorang terkena kolesterol bahkan serangan jantung. Tentu saja hal ini semakin mengkhawatirkan karena lebih dekat dengan nyawa.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Sebenarnya menurunkan berat badan itu kembali lagi kepada tekad dan disiplin diri sendiri, adakah motivasi untuk kita melakukannya. Kalau saya pribadi, ingin menurunkan berat bada dikarenakan:
  • Ingin lebih sehat menjalani hidup
  • Lebih bertenaga dalam melakukan aktivitas sehari-hari
  • Ingin panjang umur karena dengan berat badan ideal akan menjauhkan dari segala penyakit
Lalu, bagaimana sih cara menurunkan berat badan yang ideal, tentu setiap orang punya caranya masing-masing. Saya pribadi pun memiliki cara sederhana menurunkan berat badan berdasar pada pengamatan dan praktik dengan ahlinya yaitu ahli gizi salah satu suplemen diet tersertifikasi.

Berikut cara sederhana menurunkan berat badan:

1. Batasi Jumlah Kalori yang Masuk

Cara ini saya pelajari dari coach yang dulu pernah mentraining ketika saya hendak menurunkan berat badan. Intinya adalah kita tidak boleh makan melebihi batasan kalori dalam tubuh sendiri. Adapun mengenai cara menghitung kalori dalam tubuh seseorang ada rumusnya tersendiri. 

Namun secara garis besar, wanita membutuhkan maksimal 2000 kalori setiap harinya sementara laki-laki membutuhkan 2500 kalori setiap hari. Semua tergantung dari kebutuhan dan aktivitas yang mereka lakukan.

2. Minum Air Putih Minimal 3 liter Setiap Hari dan Hindari Minum Manis

Jika kalian ingin cepat menurunkan berat badan maka hindari sama sekali minuman manis, entah dari gula asli atau pemanis buatan. Saya pribadi pernah mengalami dimana dalam seminggu minum kopi sachetan dan tanpa disadari berat badan naik secara drastis padahal tidak konsumsi makanan terlalu berlebihan.

Minum air putih juga sangat efektif menurunkan berat badan. Namun bagi kita perempuan, tentu akan menghambat beraktivitas apabila sering ke toilet untuk buang air kecil. Coach yang pernah mentraining saya bahkan memberi tutorial yang lebih ekstrim yaitu jika ingin turun berat badan 1 kg dalam sehari maka saya harus minum air putih sebanyak 5 liter dalam sehari.

Tentu saja saya tidak berani ambil risiko karena pekerjaan yang menuntut di luar ruangan. Namun memang keampuhan air putih sangat saya rasakan dalam menunjang penurunan berat badan. Sayangnya saya tidak konsisten sehingga berat badan pun tidak stabil.

3. Olahraga Minimal 2 kali Dalam Seminggu 

Olahraga bertujuan untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai pemilik badan tentu kita tahu apabila sudah terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh tanpa dikeluarkan dalam bentuk energi. 

Salah satunya cara membakar kalori adalah dengan berolahraga. Namun jika kalian seorang pekerja kantoran dan sulit membagi waktu untuk berolahraga, maka tak perlu ngoyo. Lakukan exercise sesuai kemampuan saja. 

Olahraga pun tak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Cukup berjalan di komplek perumahan selama 30 menit sebanyak 2 kali seminggu, saya rasa sudah cukup efektif dalam menjaga berat badan tetap ideal. Tapi jangan lupa, sehabis olahraga jangan menyantap bubur ayam karena akan sia-sia belaka. 

Penutup

Demikian sedikit tips dari saya bagaimana cara menurunkan berat badan secara efektif. Tentu saja upaya menurunkan berat badan harus disertai tekat yang bulat dan konsisten berlangsung selama beberapa bulan. Jangan seperti pepatah mengatakan, "panas-panas ta*i ayam", karena tidak akan pernah terjadi berat badan ideal tanpa usaha maksimal.

Ingat bahwa berat badan proporsional itu bukan hanya milik perempuan semata. 

Posting Komentar untuk "Cara Menurunkan Berat Badan Secara Efektif"