Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghilangkan Stress Kerja

 
Menghilangkan stress
Credit Photo: Pexels 


Saya punya sedikit tips menghilangkan stress untuk Anda seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Tentu saja tips saya mungkin tidak sama dengan kalian yang juga memiliki cara sendiri dalam menghilangkan kepenatan dalam bekerja.

Bekerja merupakan suatu aktivitas yang dilakukan  oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tentu saja ketika kita bekerja, maka ada kewajiban yang harus dilakukan. Lalu kita sebagai karyawan akan mendapatkan hak yaitu gaji yang diterima setiap bulannya.

Tentu saja akivitas bekerja itu perlu dan penting bagi sebagian orang. Beberapa manfaat ketika kita bekerja antara lain:
  • Untuk memenuhi kebutuhan hidup (mencari nafkah untuk keluarga)
  • Sebagai sarana aktualisasi diri
  • Agar ilmu yang didapatkan ketika kuliah bisa diaplikasikan di dunia kerja
  • Menambah relasi dan jejaring pertemanan
Tapi tetap saja namanya hidup pasti ada pasang surutnya. Begitu juga dengan pekerjaan, kita tidak mungkin mengharapkan yang mulus-mulus saja ketika menjalankan tugas sebagai karyawan. Kalau tak ingin punya masalah di pekerjaan, maka saya sarankan Anda menjadi bos atau pemilik usahanya saja, agar tidak bersinggungan dengan konflik. Eits, jangan salah, menjadi bos atau pemilik usaha juga tak lepas dari masalah. Berpikir bagaimana mengelola usaha agar mendapat omzet yang diharapkan adalah masalah dari setiap pemilik usaha. Apalagi berwirausaha di jaman sekarang dimana tingkat persaingan sangat tinggi. Lebih baik jadi karyawan yang ikut perusahaan orang lain, kita tinggal diam menunggu perintah atasan dan mengerjakan apa yang diinstruksikan.

Namun hidup adalah pilihan. Kalau saya sih masih memilih menjadi karyawan dulu karena belum siap untuk punya usaha sendiri. Saya masih bertumpu pada gaji bulanan sehingga mau tak mau harus menerima penuh keikhlasan status pekerja atau budak korporat.

Bekerja ikut orang pasti ada konsekuensinya. Syukur-syukur kalau punya pimpinan dan lingkungan kerja yang mendukung, maka kerja akan merasa nyaman dan seolah-olah kita hanya pindah tempat tinggal saja.

Beberapa masalah di pekerjaan yang bisa menimbulkan stress, sebut saja:
  • Atasan yang terlalu otoriter dan sering memberi pekerjaan di luar kemampuan kita sebagai karyawannya. Akibatnya beban kerja kita sebagai karyawan terlalu berat yang mengakibatnya selalu overtime setiap hari. Istirahat dan waktu me time pun jadi berkurang. Hal ini tidak baik apabila Anda adalah individu yang sudah berkeluarga karena waktu untuk keluarga menjadi banyak berkurang.
  • Lingkungan kerja yang toxic, teman yang selalu mengadu domba, bermuka dua dan cari muka ke pimpinan. Kalau point nomor 2 ini sih saran (bos) saya jangan pernah baperan jika berada di dunia kerja.
  • Jam kerja yang selalu melebihi aturan normal umumnya perusahaan. Hal ini berkaitan dengan point pertama. Jika terus menerus kita bekerja secara overtime, maka kondisi fisik akan mudah lelah. Karyawan yang mengalami kelelahan tidak akan menjadi produktif di kantor.
Jika masalah di pekerjaan tidak dapat kita kelola dengan sebaik mungkin, maka bisa menimbulkan stress atau burnout. Tentu saja hal ini tidak baik bagi kesehatan mental seorang karyawan. 

Tips Menghilangkan Stress Kerja: Kelola Dengan Versi Terbaik

Jangan langsung berpikiran untuk resign manakala Anda merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan. Adakalanya kita harus mengelola rasa stress di pekerjaan, dan sebisa mungkin buang jauh keinginan untuk mundur dari jabatan di kantor.

Sebenarnya banyak tips menghilangkan stress kerja pada karyawan yang sudah dishare di berbagai berita di internet maupun media sosial. Anda pun dengan mudah membaca, memelajari serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap karyawan seharusnya punya tips sendiri untuk menghilangkan stress agar tidak mudah menyerah ketika bekerja. Sebab menjadi kutu loncat bukan solusi terbaik manakala kita sedang stress.

Tips menghilangkan stress kerja pada karyawan, diantaranya:

1. Komunikasikan pimpinan maupun seluruh rekan kerja di kantor 

Jika bisa dicari solusinya, maka coba untuk komunikasi dengan berbagai pihak yang bersinggung dengan Anda di kantor. Hal ini bertujuan agar masalah di pekerjaan tidak menjadi beban pikiran yang menumpuk, yang dapat menjadi bom waktu di kemudian hari.

Saya pernah mengalami dimana tekanan kerja serta rekan kerja yang tidak mau bekerja sama membuat stress. Walau sudah dikomunikasikan, tetap saja masalah di kantor tidak ada solusinya juga. Akhirnya saya membuat keputusan untuk cuek dan tutup mata terhadap kejadian yang berlangsung di kantor.

2. Ambil Cuti Selama Beberapa Hari

Walau cuti sebenarnya tidak menyelesaikan masalah di kantor, sebelum Anda menyelesaikan pangkal masalah dengan seluruh karyawan dan manajemen di kantor, namun dengan beristirahat sejenak dari rutinitas kantor dapat mendinginkan emosi dan juga hati Anda.

Ketika sudah mulai masuk kerja kembali, Anda bisa memulai untuk pikirkan strategi yang tepat agar masalah pekerjaan yang bisa menimbulkan stress dapat diatasi sehingga tak datang kembali.

Semoga cara untuk menghilangkan stress di tempat kerja yang telah share di artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang punya beban pikiran di kantor.

Tetap semangat ya!

Posting Komentar untuk "Tips Menghilangkan Stress Kerja"