Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Ladies Companion di Beranda TikTok Saya

 
Fenomena LC
Picture Source: Pexels

Pernah dengar istilah LC? LC singkatan dari Ladies Companion yang memiliki pengertian sebagai pemandu lagu di sebuah tempat karaoke. Jadi kenapa saya ingin membahas mengenai fenomena keberadaan Ladies Companion atau yang biasa disebut dengan LC ini dikarenakan banyak sekali video tentang LC di beranda TikTok. Padahal saya tidak pernah satupun like atau suka video mengenai LC ini.

Jadi saat ini keberadaan LC seolah menjadi tema menarik untuk diperbincangkan. LC bisa dikatakan sebagai salah satu profesi di dunia hiburan malam. Entah bisa dikatakan legal atau tidak, pastinya LC itu ada di beberapa tempat karaoke. Namun untuk tempat karaoke yang mengusung tema keluarga, sepertinya jangan harap kita akan bertemu dengan LC.

Namanya saja Ladies Companion, tentu saja berjenis kelamin perempuan donk. Jarang atau bahkan tidak pernah kita dengar ada pemandu lagu laki-laki deh. 

Mengapa ada profesi Ladies Companion di tempat-tempat karaoke, hal ini dikarenakan adanya supply and demand akan profesi tersebut.

Beberapa job description mereka antara lain menemani tamu atau pelanggan karaoke bernyanyi dan membuat suasana senyaman mungkin. Bukan tidak mungkin jika ada tamu yang baik hatinya akan memberikan tips lebih untuk para LC sebagai bentuk terima kasih mereka sudah ditemani bernyanyi di ruang karaoke. 

Tamu yang merasa nyaman di tempat karaoke bisa saja menambah jam mereka untuk karaoke, sehingga tidak menutup kemungkinan menambah jumlah pembelian makanan, minuman atau rokok. Tentu saja omzet tempat karaoke tersebut akan meningkat bukan.

Namun bukan hal itu yang ingin saya bahas. Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat sehingga informasi bisa dengan mudah didapatkan. Salah satu kemudahan mendapatkan informasi adalah melakui media sosial. Lalu apa hubungannya LC di tempat karaoke dengan media sosial.

Tentu saja sedikit banyak bersinggungan, karena saat ini informasi LC pun banyak beredar di media sosial. Bahkan ada akun TikTok yang secara terang-terangan membuka lowongan pekerjaan sebagai LC untuk tempat karaoke yang berlokasi di salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Ironis bukan?

Dikatakan ironis karena masyarakat cenderung berpikiran negatif tentang keberadaan Ladies Companion di tempat-tempat karaoke ini. Bahkan di media sosial berseliweran konten yang mengatakan keberadaan LC dapat menghancurkan hubungan sepasang suami istri.

Pada artikel kali ini, saya tidak ingin berdebat dan memberikan penilaian bagaimana profesi LC itu di masyarakat. Saya tidak ingin menghakimi namun hanya ingin memberikan analisa dari sudut pandang saya saja.

Mengapa Sering Muncul Konten Mengenai Keberadaan LC di TikTok

Saat ini masyarakat lebih berani memposting konten yang mungkin tidak selayaknya muncul di media sosial. Bahkan masyarakat seolah tidak permisi ketika harus mengunggah konten tersebut, walau bisa saja orang yang ada di dalam konten tidak berkenan apabila da wajahnya di situ.

Sama halnya dengan Ladies Companion yang keberadaannya sering dijadikan candaan oleh sebagian netizen di media sosial. Bahkan ada yang nekat mengambil video seorang LC ketika keluar dari toilet tempat karaoke. Padahal LC tersebut juga berusaha mneutupi wajahnya dengan tangan agar tak terlihat. Meski demikian, ada juga LC yang masa bodoh dan cuek jika ada oknum yang merekam aktivitas mereka.

Berbicara mengenai akun media sosial yang dengan berani memposting lowongan Ladies Companion untuk tempat karaoke, hal ini bisa jadi karena dilatar belakangi hal berikut:
  • Lowongan LC merupakan lowongan yang tidak memiliki keahlian khusus. Asal Anda good looking masa bisa saja diterima sebagai LC. Lowongan sebagai LC juga tidak ada kualifikasi pendidikan sehingga seorang perempuan yang tidak mengenyam pendidikan sekalipun bisa diterima sebagai LC.
  • Menariknya pendapatan yang diterima ketika menjadi LC.
  • Susahnya mencari pekerjaan bagi sebagian perempuan dikarenakan tidak memiliki skill tertentu.
Walaupun di mata sebagian masyarakat profesi ini terlihat negatif, namun mungkin saja para perempuan yang bergelut dengan profesi ini berada dalam taraf hidup di bawah sejahtera, tingkat pendidikan yang rendah sehingga mereka (merasa) tidak punya skill apapun dan akhirnya harus mengambil pekerjaan ini. 

Penutup

Walaupun sekarang makin banyak akun media sosial yang dengan terang-terangan membuka lowongan pekerjaan untuk profesi sebagai Ladies Companion di tempat-tempat karaoke, sebagai perempuan tentunya kita harus selektif apakah akan mencoba peruntungan dengan melamar pekerjaan di situ? 

Jika pendidikan Anda tinggi, maka bisa mencari lapangan kerja lain yang sesuai dengan keahlian. Namun jika pendidikan Anda tidak memungkinan mencari pekerjaan yang mengharuskan spesifikasi pendidikan tertentu, maka bijaklah dalam memilih. Saya rasa banyak profesi lain yang mungkin bisa Anda lakoni dengan penuh kerja keras tanpa mengambil risiko yang terlalu jauh.

Kembali lagi, semua pilihan di tangan Anda. Apakah ingin mendapatkan uang secara mudah, atau mencari pekerjaan melalui effort semaksimal mungkin.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fenomena Ladies Companion di Beranda TikTok Saya"