Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Sidoarjo yang Melegenda

Sumber Gambar: merdeka.com


Berbicara mengenai kuliner, seolah tak ada habisnya untuk dibahas. Terlebih kuliner di Surabaya dan Sidoarjo yang merupakan dua lokasi tempat saya berdomisili. Lho kok bisa domisili di dua kota sekaligus. Jadi saya dan suami berdomisili di Surabaya, sementara mertua berdomisili di Sidoarjo. Hal inilah yang menjadikan saya dan suami cukup sering bolak balik ke Sidoarjo. Tentunya tak lupa mencicipi beberapa Kuliner Sidoarjo yang melegenda.

Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara kuliner Sidoarjo dan kuliner Surabaya. Anda bisa makan makanan khas Sidoarjo di Surabaya, begitu pula sebaliknya. Namun memang ada beberapa tempat kuliner yang menjadi trade mark sebuah kota, termasuk Sidoarjo.

Beberapa kuliner Sidoarjo yang recommended untuk dikunjungi, antara lain:

1. Lontong Kupang

Di Sidoarjo ada yang namanya daerah Gedangan, dan di sana terdapat yang namanya Bursa Kupang. Bursa Kupang sendiri menyediakan aneka kuliner Lontong Kupang yang menjadi salah satu makanan khas Sidoarjo.

Bahkan dari beberapa sumber di internet yang saya baca, Bursa Kupang sudah didatangi oleh para selebritis, seperti Farah Quin dan Benu Bule. Lantas apa sih sebenarnya Lontong Kupang itu. 

Kupang merupakan sejenis hewan laut menyerupai kerang namun ukurannya lebih kecil dari kerang. Kuliner Kupang ini biasanya disantap bersama lontong.

Cara memasaknya tidak terlalu sulit. Cuci bersih Kupang lalu direbus. Sambil menunggu Kupang direbus, penjual biasanya menyiapkan kuah Kupang itu sendiri. Kuahnya terbuat dari bawang putih, ketumbar, garam, petis, air dan gula.

Biasanya lontong Kupang disajikan dengan sate kerang, yang konon katanya bisa mengurangi alergi yang bisa disebabkannya oleh Kupang itu sendiri. Tapi Alhamdulillah selama saya mengonsumsi lontong Kupang, belum pernah terkena alergi sih.

Di Surabaya sendiri sebenarnya banyak sekali pedagang lontong Kupang, namun konon kata teman saya, rasanua tidak seenak yang dijual di Sidoarjo.

2. Lontong Kikil atau Kikil Sapi

Lontong kikil sendiri sebenarnya merupakan kuliner Jawa Timur, dan bukan dari Sidoarjo asli. Namun, di Sidoarjo kuliner Lontong Kikil juga menjadi favorit bagi sebagian warga Sidoarjo. 

Nah, satu tempat kuliner kikil sapi favorit sebagian warga Sidoarjo yang cukup legendaris adalah Kikil Sapi Waru Jaya yang tentu saja berlokasi di daerah Waru, Sidoarjo.

Bayangkan Kikil Sapi Waru Jaya sudah berdiri sejak 30 tahun lalu! Saya banyak menemukan para YouTuber yang mengulas kuliner Kikil Sapi ini. 

Kikil merupakan bagian tubuh dari Sapi yang terletak di bagian kaki dan bisa dijadikan masakan yang lezat. 

Adapun cara memasak Kikil Sapi, Anda harus merebus kikil selama kurang lebih 30 menit agar matangnya sempurna. Sebaiknya Anda juga harus menambah bumbu dan rempah ke dalam rebusan kikil, agar bisa menghilangkan bau khas yang menyengat. 


3. Rawon Gajah Mada

Rawon merupakan kuliner berbahan dasar daging sapi yang dimasak dalam kuah berbahan dasar kluwek. Kuah dari rawon itu sendiri berwarna hitam. Kuliner Rawon biasanya disantap mengggunakan kecambah dan makin lezat jika ada telur asin dan bawnag merang goreng sebagai pelengkap.

Di Sidoarjo terdapat kuliner Rawon yang cukup dikenal oleh masyarakat sekitar yaitu Rawon Gajah Mada. Dinamakan Rawon Gajah Mada, karena terletak di Jalan Gajah Mada, Sidoarjo. 

Uniknya lagi, Rawon Gajah Mada buka di malam hari yaitu antara pukul 21.30 sampai 03.00 dini hari Waktu Indonesia Barat. 

Penutup

Demikian ulasan saya mengenai kuliner Sidoarjo yang melegenda. Bagi kalian yang senang membaca blog, bisa juga berselancar di blog teman blogger saya yang berasal dari Sidoarjo juga, yaitu mbak Dyah Kusuma Utari. Blogger Sidoarjo ini banyak menulis artikel seputar parenting, kesehatan dan juga resensi. Mbak Dyah Kusuma Utari juga banyak mengikuti lomba blog, dan beberapa kali memenangkan lomba blog tersebut.

Untuk kalian yang kebetulan sedang berlibur di Sidoarjo, bisa banget lho mengunjungi beberapa tempat kuliner yang saya ulas di atas. Jangan lupa berikan testimoni kalian di kolom komentar yah.

Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Kuliner Sidoarjo yang Melegenda"