Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pasang Google Analytics

 
Google Analytics
Picture Source: Pexels


Blog baru, artinya adalah harus pasang Google Analytics baru sekaligus Google Search Console. Baiklah, kali ini saya ingin menceritakan pengalaman memasang Google Analytics di semua blog yang saya miliki. Lebih tepatnya ada 13 blog. Ibarat orang tua memiliki banyak anak, maka tentu tanggung jawabnya makin besar pula untuk menghidupi seluruh anak-anaknya. Sama halnya dengan saya yang harus "menghidupi" ke-13 blog yang dimiliki. Kalau bisa sih jangan saya yang menghidupi blog-blog itu tapi mereka yang harus memberi makan saya, wkwkwk.

Jadi dari awal saya selalu utak atik sendiri ketika harus memasang Google Analytics di blog. Tentu saja dengan panduan blogger lain yang sudah lebih dahulu malang melintang di dunia blogging. Saya lupa tepatnya kapan mulai bisa memasang Google Analytics sendiri, namun hal itu sudah menjadi kebiasaan sehingga Alhamdulillah tidak menemui kendala berarti ketika memasangnya.

Apa Itu Google Analytics dan Fungsinya Pada Blog

Menurut Wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google dimana dapat menampilkan statistik pengunjung sebuah situs ataupun blog. 

Fungsi dipasang Google Analytics pada blog adalah:
  1. Untuk mengetahui berapa jumlah pembaca yang mengunjungi blog kita.
  2. Untuk mengetahui tema tulisan apa yang sering dikunjungi di blog kita.
  3. Untuk menganalisa tema tulisan apa yang sebaiknya kita tulis ke depannya.
Selain bisa dihubungkan dengan blog, Google Analytics juga dapat disambungkan dengan YouTube dan website.

Google Analytics juga berperan besar dalam mengembangkan bisnis Anda jika memiliki toko online misalnya. Jadi Google Analytics tidak hanya diterapkan dalam blog saja, melainkan bisa juga diterapkan untuk website perusahaan, toko online serta bisnis lainnya yang menerapkan platform online.

Sebagai contoh, ketika sedang menganalisa Google Analytics miliki blog sendiri, saya melihat kecenderungan para pembaca lebih suka tulisan yang bertema karir dan pekerjaan. Saya akui mudah sekali menulis tema karir, pekerjaan, dan segala hal yang berkaitan dengan keseharian di kantor dikarenakan saya sudah 11 tahun bekerja di perusahaan sekarang.

Tentu banyak suka duka dalam keseharian menjadi budak korporat, gesekan masalah dengan teman sekantor dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan tulisan saya menjadi lebih mengalir apa adanya.

Melihat fenomena pembaca di blog saya lebih suka artikel tentang dunia kerja, maka saya pun mulai mencari tema-tema tulisan seputar karir dan pekerjaan. Tentu saja dengan harapan pengunjung blog saya lebih banyak lagi.

Lalu sebenarnya apa sih manfaat dari dipasangnya Google Analytics pada blog kita. Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan sebagai blogger:
  1. Meningkatkan peluang artikel kita untuk bisa menempati halaman termuda di Google.
  2. Karena blog merupakan ladang bisnis bagi para blogger, maka manfaat dipasangnya Google Analytics pada blog adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog kita. Tentu saja setelah kita tahu artikel mana saja yang banyak mendatangkan visitor, maka ke depannya kita bisa menulis mengenai turunan dari artikel tersebut.
Jika kalian adalah seorang blogger yang sudah mulai mendapatkan penghasilan dari menulis di blog, maka mau tidak mau harus mengenal dan membaca Google Analytics ini.

Biasanya beberapa klien yang bekerjasama dengan blogger untuk penulisan artikel sebuah brand produk atau jasa, akan meminta laporan PV atau Page View dari artikel yang sudah dipotong oleh blogger tersebut.

Mengapa klien ada yang meminta laporan PV kepada para blogger, berikut alasannya:
  1. Untuk mengetahui apakah artikel tersebut mendatangkan banyak pengunjung.
  2. Untuk mengetahui apakah keyword yang ditulis oleh blogger efektif menempati halaman termuda di Google


Penutup

Demikian sedikit pengalaman saya yang berhubungan dengan Google Analytics. Pastinya ada pengalaman tersendiri ketika harus memasang kode Google Analytics di blog kita. Takut salah, takut blog eror adalah perasaan yang wajar dialami oleh blogger yang baru terjun ke dunia blogging.

Tak perlu khawatir, namanya belajar pasti kita tak luput dari salah donk. Jika masih bingung bagaimana memasang Google Analytics di blog, kalian bisa membaca tutorialnya di internet. Saya yakin banyak sekali tutorial bagaimana cara memasang Google Analytics untuk blog.

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Pengalaman Pasang Google Analytics"